Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Reset HP Samsung: Cara, Manfaat, dan Kerugian yang Dialami Pengguna

Reset HP Samsung: Cara, Manfaat, dan Kerugian yang Dialami Pengguna
Melakukan reset HP Samsung terkadang perlu dilakukan saat ponsel mengalami sejumlah masalah yang mengganggu kinerjanya.

SUARA NASIONAL - Dalam kondisi tertentu HP Samsung harus melalui proses reset atau kembali ke setelan pabrik.


Umumnya masalah yang dialami seperti mulai melambatnya performa HP, atau juga karena masalah lain mengakibatkan kinerja ponsel menjadi tidak maksimal.


Namun sebelum memutuskan untuk mereset HP Samsung tersebut, ada baiknya pahami dahulu apa saja manfaat dan kerugian yang mungkin terjadi.


Karena jika dilakukan secara asal-asalan tanpa alasan yang kuat, maka bukan tidak mungkin penyesalan akan dialami si pemilik HP Samsung tersebut.


Penting untuk mencari tahu apa saja penyebab HP Samsung menjadi tidak maksimal performanya, baru lakukan proses reset tersebut.


Jika sudah paham antara manfaat dan kerugian yang berpotensi terjadi, dalam artikel ini pula dijelaskan tentang cara reset HP Samsung agar lebih lengkap informasi yang disajikan.


Manfaat reset HP Samsung


Dikutip dari Digitex.id, mereset HP Samsung ke setelan pabrik membawa sejumlah manfaat pada gadget tersebut, antara lain:


- Meningkatkan kinerja ponsel


Yang paling mendasar sebagai alasan untuk mereset HP Samsung biasanya adalah karena performa ponsel yang mulai melambat. Dengan meresetnya maka akan membuat kinerja ponsel kembali lancar seperti saat baru pertama dibeli.


- Menghapus data pribadi


Data-data Anda yang sebelumnya tersimpan dan dirasa tidak lagi dibutuhkan tentu harus dihapus. Cara menghapusnya pun bisa dilakukan secara manual, yaitu satu persatu.


Namun dengan melakukan reset HP, maka data pribadi tersebut bisa dihapus sekaligus dalam beberapa langkah saja.


Baca juga: 5 Aplikasi Sadap WA Gratis, Bisa Tahu Aktivitas Chat WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan


- Memperbaiki masalah sistem


Sistem operasi ponsel akan sering terjadi permasalahan yang mengganggu seiring umum HP. Maka dengan meresetnya akan menyegarkan kembali sistem tersebut, sehingga smaratphone akan berkinerja normal seperti sedia kala.


- Menghapus virus dan malware


Pada praktiknya, reset HP juga bisa jadi solusi memberangus sejumlah virus dan malware yang membahayakan perangkat.


Jika direset, maka virus dan malware tersebut juga otomatis akan ikut terhapus dari ponsel, meski terkadang masih berpotensi kembali saat proses reset selesai dilakukan.


- Mengoptimalkan ruang penyimpanan


Ruang penyimpanan HP akan semakin penuh seiring durasi pemakaian sejak pertama kali dibeli. Dengan meresetnya jelas akan melapangkan kapasitas penyimpanan dengan menghapus cache, history, dan berkas yang sebelumnya menjejali ruang penyimpanan itu.


- Mengatasi masalah pada hardware


Jika ada yang tidak beres pada sisi piranti keras (hardware), maka reset HP Samsung adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.


- Menghapus bug pada HP


Tak heran jika kondisi HP yang baru saja direset akan bekerja secara cepat. Hal ini bisa jadi masalah bug telah teratasi.


Bug adalah kerusakan sistem di luar kesalahan yang dilakukan oleh pengguna. Sistem mengalami eror tanpa diketahui sebab dan cara mengatasinya.


Baca juga: Tips Memilih Laptop Gaming Berkualitas, Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Beli


Kerugian reset HP Samsung


Untuk diketahui, jika ada keuntung tentunya ada pula kerugian yang bisa ditimbulkan dengan mereset ponsel. Disadur dari sumber yang sama, berikut ini kerugian reset HP Samsung yang juga harus Anda pahami.


Adapun beberapa hal yang mungkin termasuk jadi kerugian reset HP Samsung tersebut antara lain:


- Kehilangan data


Masalah paling mendasar jika mereset HP adalah hilangnya data-data penting yang sebelumnya tersimpan.


Untuk itu, pastikan data yang dianggap penting untuk di backup terlebih dahulu sebelum proses reset HP Samsung dilakukan.


- Memakan waktu lama


Langkah-langkah mereset HP mungkin memang mudah, tetapi durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya cukup lama.


Hal inilah yang kadang membuat pemilik HP kesal jika harus menunggu sampai proses reset selesai. Padahal ada banyak hal yang harusnya bisa dikerjakan dengan perangkat smartphone tersebut.


- Menghapus sejumlah pengaturan sebelumnya


Biasanya, seiring pemakaian ponsel tentunya ada pengaturan yang disesuaikan oleh pemilik HP. Saat direset maka pengaturan itu akan hilang semua dan kembali seperti awal saat dibeli dulu.


Baca juga: Cara Mengatasi Jaringan Internet yang Lemot, Lakukan Hal Ini Agar Koneksi Kembali Lancar


- Kehilangan aplikasi favorit


Jika HP direset, jelas akan menghapus banyak aplikasi selain aplikasi bawaan seri HP itu sendiri. Maka setelah proses reset, pengguna harus mengunduh ulang daftar aplikasi favoritnya itu.


- Tidak selalu jadi solusi untuk masalah pada HP


Sebenarnya belum ada jaminan bahwa proses reset adalah solusi atas permasalahan yang dialami HP.


Oleh sebab itu, terkadang setelah melalui waktu yang lama untuk mereset HP, ternyata gawai masih dalam kondisi yang sama seperti saat sebelum direset. Padahal data-data penting sudah terlanjur terhapus karena pengembalian ke setelan pabrik tadi.


- Memerlukan login kembali ke beberapa akun penting


Jika HP direset tentu akan membuat status login ke beberapa akun penting menjadi logout. Karena dibutuhkan proses login kembali agar bisa membuka akun-akun tersebut.


Khawatirnya, beberapa pengguna mungkin lupa email dan atau password untuk proses login tersebut.


Cara reset HP Samsung


Disebutkan pada sumber tersebut bahwa ada dua metode dalam melakukan reset HP Samsung yang bisa ditempuh. Namun untuk selalu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak salah langkah dalam proses mengembalikan ke setelan pabrik tersebut.


1. Reset melalui menu pengaturan


Cara termudah untuk mereset HP Samsung adalah melalui menu pengaturan yang ada pada ponsel.


- Pertama, buka “Pengaturan” dari layar utama dan gulir ke bawah untuk mencari opsi “Pemulihan” atau “Cadangkan dan Setel Ulang“.


- Pada opsi ini, silakan ketuk menu “Reset Data Pabrik” atau “Pengaturan Pabrik“.


- Pilih opsi tersebut lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar setelahnya untuk menyelesaikan proses reset hingga selesai.


Baca juga: 5 Aplikasi Pendingin HP Android, Smartphone Anti Panas Meski Main Game Lama


2. Reset menggunakan kombinasi tombol pintasan


Jika terjadi masalah serius pada HP Samsung, atau tidak dapat diakses melalui menu pengaturan, metode reset yang dapat dilakukan adalah dengan menekan beberapa tombol pintasan secara bersamaan. Berikut langkah-langkahnya.


- Matikan ponsel terlebih dahulu.


- Kemudian, tahan tombol Volume Up + Tombol Power + Tombol Home secara bersamaan sampai muncul logo Samsung.


- Setelah itu, pilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” dengan menggunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk konfirmasi.


- Ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses reset hingga tuntas.


Setelah melakukan proses reset, perhatikan hal-hal penting yang bisa terjadi pasca penyetalan ulang dilakukan.


Pertama, pastikan beberapa perangkat lunak yang terpasang pada HP Samsung tersebut segera diperbarui versinya. Karena pasca reset pastinya akan membuat versi aplikasi kembali ke setelan pabrik seperti saat ponsel tersebut diluncurkan.


Untuk melakukan pembaruan versi aplikasi bisa dilakukan dengan membuka Google PlayStore. Cek daftar aplikasi apa saja yang harus diperbarui versinya, lalu hapus yang dirasa tidak diperlukan demi menghemat kapasitas penyimpanan.


Kedua, masuk kembali ke beberapa akun yang selama ini Anda gunakan untuk backup aktivitas ponsel seperti Google dan sejumlah akun penting lainnya.


Lalu ketiga, atur ulang penataan folder yang rapi sehingga kini lebih mudah mengatur pengguna berkas yang tersimpan pada HP Samsung tersebut pasca direset.


Demikian penjelasan mengenai cara reset HP Samsung, manfaat reset HP Samsung, serta kerugian reset HP Samsung. Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi pengguna smartphone asal Korea ini sebelum mengembalikan ke setelan pabrik.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.