Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Tips Memilih Laptop Gaming Berkualitas, Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Beli

Tips Memilih Laptop Gaming Berkualitas, Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Beli
Laptop gaming Acer. (Dok. Acer)

SUARA NASIONAL - Ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop gaming. Karena hal itu akan memengaruhi kualitas laptop gaming yang didapatkan.


Dengan memilih laptop gaming berkualitas tersebut tentu akan mendukung aktivitas bermain game menjadi lebih lancar dan menyenangkan.


Lalu, apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop gaming tersebut? Simak tips berikut seperti dikutip dari Teknoplug.com.


Setidaknya ada 7 hal penting yang masuk ke dalam tips memilih laptop gaming berkualitas menurut sumber tersebut, mulai dari sisi processor laptop hingga kapasitas RAM yang juga dinilai sangat penting.


Pasalnya, tingkatan processor intel juga akan memengaruhi kinerja laptop saat dioperasikan untuk bermain game, terlebih jika game yang dijalankan terbilang berat.


Untuk lebih jelasnya, silakan simak 7 tips memilih laptop gaming berkualitas berikut ini.


1. Kondisi laptop


Dalam memilih laptop gaming pastikan dulu kondisi laptop. Terlebih jika laptop yang dibeli dalam kondisi second atau bekas pakai.


Sebenarnya tidak menjadi masalah selama laptop gaming bekas tersebut masih dalam kondisi bagus. Artinya semua dapat berfungsi dengan normal.


Pastikan semua komponen dan fitur dapat berjalan dengan lancar, mulai dari kondisi RAM, kapasitas penyimpanan, dan banyak faktor lainnya.


Baca juga: Viral Prank Link wa.me/settings Bikin WhatsApp Eror, Begini Cara Mengatasinya


2. Harga laptop


Meski keinginan memiliki laptop gaming cukup besar, namun pertimbangkan juga faktor harga saat hendak membelinya.


Ukur kemampuan untuk membeli, serta pantaskah barang yang dibeli jika dilabeli harga seperti yang ditawarkan penjual.


Tidak menjadi masalah juga jika harga laptop gaming yang dibeli merupakan barang bekas pakai. Namun tetap perhatikan harga jualnya sehingga pantas dihargai demikian oleh penjual.


3. Memilih processor yang tepat


Ada tiga hal dalam memilih processor yang tepat untuk laptop gaming, yaitu terkait jumlah core, kecepatan proses dan overclock, serta kemampuan pendinginan processor.


Hal itu akan memengaruhi kinerja laptop sekaligus dapat menjaga keawetannya saat digunakan untuk bermain game dalam durasi pemakaian yang lama.


Baca juga: 5 Aplikasi Sadap WA Gratis, Bisa Tahu Aktivitas Chat WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan


4. Memilih RAM yang sesuai


Sama pentingnya dengan processor, soal RAM juga harus diperhatikan, apalagi jenis game yang dimainkan memiliki tingkat grafis yang besar.


Untuk memastikan game bisa dijalankan dengan lancar tanpa hambatan, maka pilihlah laptop gaming dengan RAM yang besar.


5. Memilih kartu grafis yang cocok


Kualitas grafis pada laptop gaming juga menjadi prioritas demi kenyamanan mata saat memainkan game tersebut.


Kartu grafis yang dimaksud adalah VGA card yang fungsinya sebagai penerjemah sinyal digital menjadi output pada layar monitor laptop.


Bahkan tak hanya game, fungsi penting VGA juga dibutuhkan saat pengguna menjalankan aplikasi desain grafis lainnya.


6. Mempertimbangkan kapasitas hardisk


Jika semua hal di atas telah terpenuhi, hal yang tak boleh dilewatkan selanjutnya dalam memilih laptop gaming adalah soal kapasitas penyimpanan file berkas, yakni dukungan hardisk yang besar.


Ada banyak jenis hardisk dengan beragam kapasitas penyimpanan yang mampu mendukung aktivitas gaming pada laptop tersebut.


Baca juga: Ulasan Lengkap Game Fighting Shadow Fight 2 Terbaru 2023


7. Cek daya baterai


Terakhir adalah kualitas daya baterai yang mumpuni. Hal ini agar laptop tetap dapat berperforma prima saat digunakan dalam bermain game.


Baterai yang sehat dapat memastikan laptop tetap dalam kondisi terjaga sekalipun untuk bermain game dalam durasi yang lama.


Dengan mempertimbangkan ketujuh poin di atas, maka akan menentukan kelancaran bermain game pada laptop gaming tersebut.


Jangan sampai konektivitas tersendat di tengah permainan yang sedang berjalan. Karenanya perhatikan betul 7 tips memilih laptop gaming di atas agar lebih nyaman saat bermain game pada laptop gaming.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.