Iklan -- Scroll untuk lanjut membaca
Advertisement

Indonesia Bidik Pasar Timor Leste, Ekspor Produk Unggulan Tumbuh Pesat

Indonesia Bidik Pasar Timor Leste, Ekspor Produk Unggulan Tumbuh Pesat
Indonesia Bidik Pasar Timor Leste, Ekspor Produk Unggulan Tumbuh Pesat.

SUARANASIONAL.ID — Upaya Indonesia memperluas pasar produk nasional ke Timor Leste menunjukkan hasil positif.

Berdasarkan catatan perdagangan, total nilai hubungan dagang kedua negara pada 2024 mencapai USD391,34 juta, dengan tren pertumbuhan tahunan rata-rata 15,56 persen.

Selama Januari–April 2025, ekspor Indonesia tercatat USD117,08 juta atau meningkat 11 persen dari tahun sebelumnya.

Produk ekspor yang dominan meliputi kendaraan bermotor, minyak sawit, makanan olahan, semen, farmasi, hingga kebutuhan rumah tangga.

Komoditas lain seperti kendaraan niaga ringan, tepung terigu, produk susu, dan kosmetik juga ikut mencatat peningkatan.

Hal ini membuktikan pasar Timor Leste masih terbuka lebar dan sangat prospektif bagi produk Indonesia.

“Kami melihat Timor Leste sebagai mitra potensial dalam memperkuat perdagangan pangan. Melalui partisipasi di Dili International Trade Expo 2025, ID FOOD Group menghadirkan produk-produk unggulan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mampu menjawab kebutuhan masyarakat Timor Leste. Langkah ini sejalan dengan mandat kami sebagai bagian dari ID FOOD untuk memperkuat ekspor dan ketahanan pangan regional melalui ekspansi perdagangan,” kata SVP Sekretaris Perusahaan ID FOOD, Yosdian Adi Pramono.

Dalam pameran tersebut, ID FOOD yang diwakili oleh PT BGR Logistik Indonesia (BLI) dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) memperkenalkan beragam produk unggulan mulai dari pupuk, gula, herbisida, kedelai, susu kambing, hingga kapsul cacing.

BLI yang merupakan anak perusahaan PPI berperan penting melalui dukungan layanan logistik terintegrasi. Mulai dari penyimpanan, distribusi, cold chain, hingga pengiriman lintas batas disiapkan untuk memastikan produk sampai dengan efisien dan aman, baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor.

“Keikutsertaan kami dalam Dili International Trade Expo 2025 merupakan langkah nyata untuk memperkenalkan kompetensi BLI dalam layanan logistik end-to-end, sekaligus membuka peluang kolaborasi baru dengan mitra internasional. Sinergi antara produk-produk ID FOOD yang dipamerkan dengan layanan distribusi dan perdagangan yang ditawarkan BLI adalah wujud nyata peran kami dalam menghadirkan solusi logistik yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional,” tegas Direktur Utama BGR Logistik Indonesia, Syailendra.