Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Berapa Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Matic Yamaha Mio Soul GT 115 yang Benar?

Berapa Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Matic Yamaha Mio Soul GT 115 yang Benar?
Yamaha Mio Soul GT 115 dirilis tahun 2012. (Dok. Yamaha)

SuaraNasional.id - Berapa ukuran ban depan dan belakang sepeda motor matic Yamaha Mio Soul GT 115 yang benar?

Pertanyaan tersebut tentu sangat dibutuhkan jawabannya bagi pemilik kendaraan roda dua dari brand Yamaha Mio Soul 115.

Hal itu perlu diketahui agar tidak salah pilih ukuran ban saat hendak menggantinya. Kendati sebenarnya masalah ini bisa dikonsultasikan terlebih dahulu kepada teknisi atau montir yang ada di bengkel.

Namun tak ada salah sebagai bekal wawasan Anda sebelum bertanya kepada teknisi agar mengetahui juga berapa ukuran ban depan dan belakang Yamaha Mio Soul GT 115 tersebut.

Dikutip dari web berita Satukota.com, ukuran ban depan dan belakang Mio Soul GT 115 memiliki standar khusus yang telah ditetapkan Yamaha sejak pertama kali diluncurkan pada 2012 silam.

Ban sepeda motor tersebut sudah ada ketentuan spesifikasi seperti saat diproduksi oleh pabrikan Yamaha. Sehingga tidak bisa sembarangan asal mengganti ukurannya sesuai keinginan sendiri.

Agar lebih jelas berapa ukuran ban Yamaha Mio Soul GT 115 tersebut, simak penjelasan berikut.

Ukuran ban depan Yamaha Mio Soul GT 115

Melansir sumber tepercaya, ukuran ban depan Yamaha Mio Soul GT 115 adalah 70/90-14.

Berikut penjelasan dari masing-masing ukuran tersebut:

  • 70 adalah ukuran lebar ban depan motor tersebut yang dihitung dalam satuan milimeter (mm). Semakin besar angkanya, menunjukkan semakin lebar ban yang digunakan.
  • 90 adalah angka kedua yang mengacu pada aspek rasio untuk mengukur tinggi ban yang relatif terhadap lebar ban. Secara sederhana dapat dipahami jika tinggi ban ini memiliki rasio 90 persen dari lebar ban.
  • 14 adalah diameter velg dalam satuan inci untuk standar Mio Soul GT 115 sesuai yang ditetapkan Yamaha.

Ukuran ban belakang Yamaha Mio Soul GT 115

Sedangkan ukuran ban belakang Yamaha Mio Soul GT 115 adalah 80/90-14.

Berikut penjelasan dari masing-masing angka pada ukuran ban depan Yamaha Mio Soul GT 115 tersebut:

  • 80 adalah ukuran lebar ban belakang dalam satuan milimeter (mm).
  • 90 adalah aspek rasio yang mengindikasikan tinggi ban secara relatif terhadap lebar ban.
  • 14 adalah ukuran diameter velg yang sama dengan ukuran ban depan. Ukuran ini dihitung dalam satuan inci (inch).

Pengaruh ukuran ban sepeda motor

Selain mesin, ban juga menjadi faktor penting kenyamanan dalam mengendarai sepeda motor. Pemilihan dan perawatan yang tepat juga bisa menciptakan rasa nyaman bagi pengendaranya.

Ukuran ban yang sesuai dengan standar aslinya juga untuk memastikan cengkeraman lebih meyakinkan saat menempel di jalan, utamanya pada trek basah ataupun kering.

Sebaliknya, jika ban tidak memiliki ukuran yang standar namun dipaksakan untuk digunakan, maka faktor keamanan berkendara menjadi relatif membahayakan.

Bahkan, sekalipun ukurannya telat, namun jika dipasang terbalik, itupun akan menjadi masalah tersendiri bagi kualitas ban. Karena ban akan lebih cepat aus dan mudah menipis dengan cepat.

Gunakan panduan penggunaan agar tak salah dalam merawat kesehatan ban, agar ban bisa bertahan lama dan menggaransi rasa aman saat dikendarai.

Itulah penjelasan mengenai ukuran ban sepeda motor Yamaha Mio Soul GT 115 yang benar dan sesuai ketentuan dari pabrikan yang memproduksinya.

Dengan memilih atau menggunakan ukuran ban yang tepat maka akan membuat kenyamanan sepeda motor saat dikendarai. Selain itu juga untuk menjaga ketahanan ban dalam waktu yang lama, tergantung durasi dan jarak tempuh penggunaan.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close