Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Katanya Generasi Kreatif, Kenapa Ada 10 Juta Gen Z Malah Menganggur?

Katanya Generasi Kreatif, Kenapa Ada 10 Juta Gen Z Malah Menganggur?
Ilustrasi. Saat ini ada 10 juta Gen Z di Indonesia yang masih menganggur.

SUARANASIONAL.ID - Di tengah gempuran narasi tentang kreatifitas dan keahlian teknologi, terungkap fakta mengejutkan, bahwa saat ini ada 10 juta Gen Z di Indonesia terjerat pengangguran.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, dari 44,47 juta Gen Z di Indonesia (usia 15-24 tahun), sebanyak 22,25% atau 9,9 juta di antaranya tidak memiliki aktivitas produktif.

Fenomena ini memicu keprihatinan pakar budaya dan media, Radius Setiyawan. Ia melihat adanya ketidaksesuaian antara citra ideal Gen Z yang digambarkan di ruang publik dengan realita yang dihadapi banyak individu.

"Gen Z sering dilabeli sebagai generasi kreatif, adaptif, dan melek teknologi. Tapi, realitanya banyak yang tertinggal dalam hal pekerjaan dan kesuksesan," ungkap Radius.

Menurutnya, narasi publik tentang Gen Z didominasi oleh kelompok elit, mengabaikan realitas pahit yang dihadapi Gen Z dari kalangan bawah.

"Mereka kurang beruntung dalam hal pekerjaan dan harus berjuang mati-matian dengan segala keterbatasan," kata Radius.

Ia pun menyoroti bias kelas dalam narasi Gen Z, di mana suara mereka hanya didengar saat dibutuhkan untuk kepentingan politik.

"Gen Z bukan hanya komoditas politik, tapi juga harus mendapatkan perhatian serius dan dilibatkan dalam kebijakan," tegasnya.

Lebih lanjut, Radius mendorong pemerintah dan media untuk memberikan akses dan fasilitas khusus bagi Gen Z dari kalangan bawah, agar mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkarya.

Fenomena pengangguran Gen Z ini bukan hanya statistik, melainkan cerminan dari kesenjangan sosial dan ekonomi yang masih membayangi Indonesia.

Diperlukan langkah nyata dan terarah untuk membantu Gen Z mencapai potensi penuh mereka, bukan hanya sebagai objek eksploitasi, tapi sebagai agen perubahan yang berkontribusi pada masa depan bangsa.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close