Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Perbedaan Oli Shell Warna Kuning dan Biru, Mana yang Cocok untuk Jenis Kendaraan Anda?

Perbedaan Oli Shell Warna Kuning dan Biru, Mana yang Cocok untuk Jenis Kendaraan Anda?
Perbedaan oli Shell warna kuning (AX5) dan biru (AX7). (Dok. Satupiston.com)

SuaraNasional.id - Ada perbedaan mendasar dari brand oli Shell, yakni warna kuning dan biru. Lantas apa perbedaan Oli Shell kuning dan biru tersebut? Simak artikel ini hingga tuntas agar memahami letak perbedaannya.

Oli memiliki peran penting bagi mesin. Selain sebagai pelumas, oli juga berperan untuk proses pendinginan mesin kendaraan, terlebih usai dipakai perjalanan dalam durasi yang lama.

Kualitas oli akan memengaruhi kesehatan mesin serta komponen lain yang terkait dengannya. Karenanya agar rutin mengganti oli, sekaligus penting untuk memilih jenis oli yang tepat bagi mesin.

Oli Shell sebagai salah satu merek pelumas mesin sudah dikenal cukup sejak dulu. Di pasaran, ada jenis oli Shell warna kuning dan biru yang cukup banyak konsumennya.

Namun tahukah Anda apa perbedaan dari oli Shell kuning dan biru? Dikutip dari blog motor Satupiston.com, inilah perbedaan kedua jenis oli Shell tersebut.

Dari segi jenis dan penamaan, oli Shell kuning merupakan jenis Shell AX5, sedangkan warna biru adalah Shell AX7.

Jenis oli Shell kuning vs biru

Secara sederhana, oli Shell AX5 (kuning) adalah jenis oli mineral. Sedangkan Shell AX7 (biru) merupakan jenis oli semi sintetis.

Perbedaan keduanya terletak pada komposisi bahan dasarnya. Shell AX5 terbuat dari bahan dasar alami, sedangkan Shell AX7 merupakan gabungan dari bahan alami dan aditif sintetis.

Performa oli Shell kuning vs biru

Dari sisi performa, oli Shell juga memiliki kemampuan dalam membersihkan mesin. Bagi sebagian kendaraan modern, penggunaan oli semi sintetis diklaim lebih bagus bagi mesin.

Karena oli semi sintetis seperti pada Shell dapat menjaga kemampuan pelumasan tetap stabil dan meminimalisir endapan yang dapat mengganggu kinerja mesin.

Jadi jelas, bukan hanya soal komposisi saja yang menjadi pertimbangan, tetapi jenis oli juga akan memengaruhi kesehatan mesin kendaraan Anda.

Tingkat kekentalan oli

Dalam sumber tersebut dikatakan, tingkat kekentalan oli Shell kuning dan biru juga berbeda. Disebutkan jika AX7 memiliki tingkat kekentalan lebih rendah ketimbang AX5 yang mencapai 15-40 W.

Dengan perbedaan itu akan memengaruhi kinerja mesin, di mana semakin kental oli maka semakin besar pula kerja pemompaan oli Lantara teksturnya yang lebih pekat.

Itu juga yang menjadi alasan mengapa AX7 relatif lebih mahal karena tingkat kekentalan yang rendah akan membuat kinerja mesin lebih ringan, terlebih pada tekanan suhu yang rendah.

Sertifikasi kualitas

Sertifikat internasional yang melabeli masing-masing jenis oli Shell tersebut juga menjadi poin perbedaan yang harus dipahami.

Untuk diketahui, Shell AX5 mendapat sertifikasi JASO MA, sedangkan Shell AX7 bersertifikat MA2.

Sementara perbedaan Sertifikat MA dan MA2 terletak pada kemampuan oli dalam melumasi mesin tanpa menyebabkan selip pada kopling.

Selain JASO, oli Shell juga mendapat sertifikasi dari American Petroleum Institute (API). Di mana semakin tinggi kode seri di belakangnya, maka semakin tinggi pula kualitas oli tersebut di mata pengamat kualitas oli, khususnya terkait kepentingan sertifikasi.

Harga Shell kuning vs biru

Dari segi harga, oli Shell AX7 yang berwarna biru cenderung memiliki harga lebih tinggi ketimbang yang kuning.

Hal itu ditimbang dari segi kualitas yang memang menunjukkan jika Shell AX7 dinilai lebih memiliki mutu tinggi untuk mesin kendaraan.

Sehingga dianggap wajar jika akhirnya Shell biru relatif lebih mahal daripada Shell kuning, mengingat dampaknya yang cukup baik bagi performa mesin.

Setelah memahami perbedaan keduanya, tentu akan memudahkan Anda untuk memutuskan jenis oli Shell mana yang cocok dengan jenis kendaraan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, utamanya bagi Anda konsumen oli Shell yang sudah sejak lama menggunakan namun belum mengerti perbedaan oli Shell kuning dan biru tersebut.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close