Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Kumpulan Poster Ramadan Tema Anak, Bulan Puasa Makin Semarak Pakai Desain Foto Sendiri

Kumpulan Poster Ramadan Tema Anak, Bulan Puasa Makin Semarak Pakai Desain Foto Sendiri
Ilustrasi poster Ramadan tema anak. (Dok. Freepik)

SUARA NASIONAL - Poster ramadan menjadi hal yang banyak dicari belakangan ini. Desain tema bulan puasa seakan selalu memiliki siklus tahunan yang rutin untuk mengalami peningkatan.


Ada banyak jenis tema poster ramadan, mulai dari poster ramadan tema anak, tema remaja, sampai yang bergaya milenial.


Adapun contoh desain bergaya milenial biasanya lebih mengarah ke style kekinian dan modern. Kendati begitu tidak mengurangi esensi nilai ramadan yang sakral.


Termasuk pada artikel ini, di mana dapat dengan mudah menemukan berbagai macam poster ramadan bertema anak-anak, seperti anak SD, ataupun level sekolah yang lebih tinggi dari itu yang kemudian diaplikasikan dalam sebuah desain tematik khas ramadan.


Disebut khas ramadan karena desain poster yang dihasilkan biasanya memiliki ciri-ciri yang identik dengan identitas Islam, seperti warna dominan, sampai ornamen Islamic yang terkenal dengan gaya Timur Tengah.


Lantas, bagaimana cara mendapatkan poster ramadan tema anak tersebut? Baca artikel ini hingga tuntas.


Adapun cara mendapatkan kumpulan poster ramadan tema anak sebenarnya cukup mudah, yakni bisa dengan hanya mengunduhnya secara cuma-cuma alias gratis, atau diperlukan sedikit usaha untuk membuatnya dengan memanfaatkan aplikasi pembuat poster ramadan online.


Download Kumpulan Poster Ramadan Tema Anak


Untuk mendapatkan kumpulan poster ramadan tema anak yang pertama bisa dengan men-download pada situs penyedia gambar poster ramadan yang tersedia di internet.


Cara paling mudahnya adalah dengan memanfaatkan Google Image, namun cara itu terlalu berisiko jika ternyata gambar yang muncul pada hasil pencarian memiliki lisensi dari pembuatnya.


Artinya, gambar itu belum tentu tersedia secara gratis, di mana jika ingin menggunakannya maka perlu membayar atau membeli lisensinya secara penuh untuk kemudian digunakan pada akun media sosial pribadi.


Namun tak usah berkecil hati, karena kumpulan gambar poster ramadan tema anak masih bisa didapatkan para situs penyedia poster online yang memang sedari awal diberikan secara cuma-cuma. Pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun demi mendapatkan desain yang diinginkan.


Lalu, apa saja situs penyedia gambar tema ramadan yang bisa di download secara gratis itu?


Ilustrasi gambar poster tema ramadan anak-anak
Ilustrasi gambar poster tema ramadan anak-anak


1. Unsplash


Mungkin belum semua mengetahui keberadaan situs Unsplash sebagai situs penyedia gambar tematik. Namun tak sedikit juga yang bahkan sudah sering memanfaatkannya sebagai referensi dalam menemukan tema konten seperti ramadan ini pada situs ini.


Website Unsplash yang beralamatkan di unsplash.com merupakan pesaing utama dari situs-situs macam Pixabay. Popularitasnya menanjak tajam di kalangan desainer level amatir sekalipun. Hal ini tak lepas dari lengkapnya komposisi gambar yang disediakan sampai ke tema yang barang dicari sekalipun.


Bukan hanya tema ramadan, Unsplash juga memiliki beragam kategori lain seperti alam, teknologi, fashion, sampai greeting ucapan yang bisa digunakan pada momentum tertentu.


Kelebihan Unsplash lainnya adalah sistem integrasi dengan beberapa platform seperti Zoom dan Google Slides. Di mana gambar-gambar yang tersedia di website ini akan terkoneksi dengan platform tersebut sebagai background pendukung saat aktivitas pertemuan daring.


Adapun resolusi yang tersedia di Unsplash mulai dari Small, Medium, sampai Large, tentunya menyesuaikan kebutuhan pengguna.


Baca juga: Download Gambar Poster Ramadan 2023 GRATIS, Bisa Edit dari HP dengan 5 Aplikasi Ini


2. Pixabay


Nama situs ini sudah tentu menjadi yang terpopuler di kalangan netizen khususnya yang kerap mencari referensi gambar desain.


Hebatnya, saat ini telah tersedia lebih dari 2,3 juta gambar di website Pixabay yang bisa digunakan menyesuaikan tema.


Barangkali yang menjadi alasan mengapa Pixabay begitu populer di kalangan netizen tak lain karena layout desain websitenya yang begitu rapi dan ramah di mata pengunjung.


Fitur pencarian di Pixabay juga begitu lengkap, mulai dari filter sampai fitur SaveSearch yang memungkinkan perlindungan bagi pengguna dari kalangan anak hingga remaja. Sehingga rekomendasi gambar yang dimunculkan pada hasil pencarian tidak akan menyalahi aturan seperti gambar dewasa.


Sama seperti situs lainnya, resolusi gambar di Pixabay tersedia berbagai macam jenis, mulai dari yang berkualitas rendah, sedang, hingga tinggi.


Semakin jernih gambar yang diunduh, maka semakin besar juga ukuran file yang dihasilkan. Sehingga Anda perlu cermat sebelum memutuskan untuk mengunduhnya dengan mengetahui dulu berapa sisa tempat pada memori galeri agar proses download tidak gagal.


Selain itu ada fitur Editor's Choice yang memungkinkam pengguna mendapatkan rekomendasi gambar-gambar terbaik berdasar tema dan periode waktu yang sedang happening, seperti momentum Ramadan 2023 ini misalnya.


Baca juga: Usung Tema Nusantara Ramadan, Makan Sepuasnya di Hotel Savana Malang Cuma Rp 125 Ribu


3. Reshot


Sudah bisa ditebak, mungkin juga belum banyak yang mengetahui adanya situs macam Reshot ini. Namun belum terlambat untuk mengetahui dan mengenal salah satu rekomendasi situs penyedia gambar dan poster tema tertentu dari Reshot.


Termasuk poster ramadan tema anak, di mana tersedia banyak pilihan desain dari hasil karya para desainer seluruh dunia yang ditempatkan pada database Reshot dan tersedia untuk pengguna secara global.


Tak hanya kumpulan gambar poster saja, di Reshot pengguna juga bisa mengunduh kumpulan ikon dan vektor sesuai tema yang dibutuhkan. Di mana ada lebih dari 40 ribu vektor dan 1.500 SVG yang bisa didownload baik yang gratis maupun berbayar.


Bisa jadi fitur kolom pencarian milik Reshot adalah yang paling mudah digunakan. Karena tampilannya yang user friendly sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang sedang mereka cari, misalnya berniat mencari poster ramadan tema anak.


Kelebihan lainnya adalah koleksi gambar tematik yang kreatif dan cocok untuk visualisasi desain poster ucapan atau greeting.


Baca juga: 5 Aplikasi Cek Jadwal Imsakiyah Ini Bikin Jam Sahur dan Buka Puasa Jadi Tepat Waktu


Meski Anda mungkin bukan dari kalangan profesional, namun dengan memanfaatkan materi gambar dari Reshot tentu akan terlihat elegan dan tidak terlihat sebagai kalangan amatir.


Hanya saja, kekurangan Reshot adalah menu kategori tidak langsung ditampilkan di bagian depan halaman website ini. Pengguna perlu mengakses sampe ke sub-kategori untuk menemukan relevansi tema yang mereka butuhkan.


Sebenarnya masih banyak rekomendasi situs penyedia gambar poster lain yang belum tercantum pada artikel ini, seperti misalnya Pexels, LibreStock, PikWizard, Burst, dan sebagainya.


Namun coba bisa Anda sempatkan untuk sejenak melakukan riset kata kunci di internet untuk menemukan daftar situs-situs tersebut sehingga kebutuhan desain poster ramadan tema anak bisa Anda lakukan dengan mudah dengan memanfaatkan fungsional website-website tersebut.


Aplikasi pembuat poster ramadan via smartphone/mobile
Aplikasi pembuat poster ramadan via smartphone/mobile


Cara Membuat Poster Ramadan Tema Anak


Sedangkan untuk membuat poster ramadan tema anak secara manual bisa dilakukan dengan aplikasi desain grafis baik offline maupun online.


Untuk online beberapa rekomendasi juga tersedia di internet, macam Canva, PosterMyWall, Poster Maker Flyer Maker, Desygner, dan banyak lagi lainnya.


Sementara untuk offline, jika Anda suda mahir mengoperasikan software desain grafis tentu harusnya tidak kesulitan menggunakan jasa Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan semacamnya.


Langkah demi langkah pembuatannya bisa dengan menyusun layer-layer secara tertata, maupun memanfaatkan template yang ada di situs seperti Freepik secara cuma-cuma.


Ingat ya, kategori cuma-cuma bukan berarti bebas digunakan begitu saja. Ada baiknya untuk juga memberikan credit link kepada pembuatnya, sehingga membebaskan Anda dari risiko tuntutan hak cipta jika pada akhirnya gambar tersebut digunakan untuk keperluan penjualan maupun branding yang bersifat komersial.


Namun jika hanya digunakan untuk keperluan pribadi (non-profit oriented), maka tidak wajib hukumnya memberikan credit link tersebut.


Nah, itulah penjelasan tentang cara mendapatkan kumpulan gambar poster ramadan tema anak, termasuk tips cara membuatnya dengan menggunakan aplikasi desain grafis online dan offline yang kini banyak beredar di internet.


Selamat menyambut bulan penuh rahmat, Ramadan 2023 akan semakin seru dengan desain gambar poster yang Anda buat.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.