Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

5 Aplikasi Cek Jadwal Imsakiyah Ini Bikin Jam Sahur dan Buka Puasa Jadi Tepat Waktu

5 Aplikasi Cek Jadwal Imsakiyah Ini Bikin Jam Sahur dan Buka Puasa Jadi Tepat Waktu
Ilustrasi adzan. (Dok. Web)

SUARA NASIONAL - Bulan ramadan 2023 sudah tiba, saatnya umat Islam di seluruh dunia akan melaksanaan ibadah puasa sebagaimana mestinya.


Berpuasa terhitung dimulai sejak waktu Subuh hingga Maghrib, di mana jika dikalkulasi di Indonesia puasa berlangsung kurang lebih selama 12-13 jam lamanya.


Adapun umat Islam dalam menentukan jam dimulainya puasa sampai berbuka mengikuti pengumuman dari jadwal yang telah ditentukan. Jadwal itulah yang kemudian dikenal dengan istilah jadwal Imsakiyah.


Dulu, jadwal imsakiyah lazimnya dapat diketahui dengan mendengarkan pengumuman melalui radio, televisi, atau artikel di internet. Namun kini jauh lebih mudah dengan hadirnya berbagai aplikasi yang bisa diunduh gratis pada smartphone.


Karenanya, pada artikel ini bisa Anda ketahui sejumlah rekomendasi daftar aplikasi untuk mengecek jadwal imsakiyah di HP Nseperti dikutip dari Moccaapedia.


1. Aplikasi Jadwal Imsakiyah


Rekomendasi pertama adalah aplikasi Jadwal Imsakiah, di mana pada aplikasi ini juga tersedia jadwal Salat untuk masing-masing kota di Indonesia, sampai panduan berdzikir.


Jadwal yang tercantum pada aplikasi ini resmi mengutip dari pengumuman yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) RI.


2. Aplikasi Muslim Pro


Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Bitsmedia.


Saat ini Muslim Pro termasuk salah satu aplikasi terpopuler di PlayStore dengan jumlah unduhan sebanyak lebih dari 100 juta kali di download.


Adapun cara cek jadwal Imsakiyah pada aplikasi ini bisa dilihat pada jadwal Salat berdasarkan wilayah.


3. Ramadan Times


Sama halnya dengan dua aplikasi sebelumnya yang telah disebutkan di atas, Ramadan Times juga menjadi salah satu aplikasi untuk mengecek waktu imsak tiba sampai waktu buka puasa.


Aplikasi ini cukup mudah digunanakan sehingga siapapun bisa memanfaatkannya. Selain itu tampilannya juga cukup user friendly karena memiliki layout yang eleggan.


4. Aplikasi Athan Pro


Selain bisa untuk mengecek jadwal imsak di tiap-tiap daerah, Athan Pro memiliki sejumlah fitur keren, seperti panduan doa, panduan waktu Salat, hingga kumpulan dzikir.


Athan Pro juga sangat direkomendasikan bagi pengguna smartphone karena telah mendapatkan banyak ulasan positif di PlayStore.


5. My Imsakiyah


Aplikasi ini kompatibel untuk berbagai perangkat gawai, sehingga juga direkomendasikan bagi umat muslim dalam mengecek jadwal Imsakiyah secara cepat dan mudah hanya dengan lewat ponsel pintar mereka.


Kelebihan lain dari My Imsakiyah adalah adanya fitur pengingat waktu berbuka puasa. Sehingga tidak ada satupun pengguna yang nantinya bakal terlewat waktu santap buka puasa semisal tidak mendengar aba-aba dari mushola atau masjid di sekitarnya.


Itulah beberapa aplikasi Imsakiyah yang bisa dipasang gratis maupun berbayar pada perangkat telepon pintar atau smartphone.


Selain bisa untuk cek jadwal Imsakiyah di HP, aplikasi-aplikasi tersebut otomatis juga bisa digunakan untuk melihat jam Salat di masing-masing waktu.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close