Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Kenapa HP iPhone Lebih Mahal Dibanding Merek Smartphone Lain? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa HP iPhone Lebih Mahal Dibanding Merek Smartphone Lain? Ternyata Ini Alasannya
iPhone 14. (Dok. Apple)

SUARA NASIONAL - Kebanyakan orang sepakat melabeli iPhone sebagai HP premium. Hal itu tak lepas dari harganya yang mahal ketimbang merek smartphone lain.

Tak sedikit juga yang bertanya-tanya apa alasan produk smartphone dari Apple itu selalu lebih mahal dari gadget lainnya.

Di antara yang sering menggali jawaban atas pertanyaan itu terutama mereka yang dari kalangan pemerhati berita gadget terbaru.

Meski dikenal mahal karena umumnya Apple membandrol harga di atas Rp 10 jutaan, namun sebenarnya masih ada iPhone bekas terbaik harga mulai Rp 5 jutaan yang tersedia di pasaran.

Lalu, apa sebenarnya yang melatarbelakangi harga iPhone bisa lebih tinggi dibanding merek HP lainnya? Simak penjelasan berikut.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Transaksi via Mobile Banking, Hemat sih, Tapi...


Setidaknya ada 5 alasan yang membuat iPhone memiliki harga jual yang mahal, khususnya setiap kali pertama diluncurkan dengan seri terbaru.

1. Software dan Hardware berkualitas tinggi

Seperti diketahui, Apple menerapkan sistem operasi yang eksklusif pada perangkat iPhone miliknya. Di mana hal ini tidak terdapat pada merek smartphone lain yang secara massal menggunakan Operating System (OS) buatan Google yaitu Android.

Selain itu, pada sisi komponen hardware iPhone juga diproduksi dengan spesifikasi tinggi.

Atas sebab itu tak ayal membuat performa iPhone cenderung stabil hingga durasi pemakaian yang lama pasca dibeli. Berbanding terbalik dengan Android yang relatif menurun performanya 7-8 bulan pasca pembelian.

2. Kualitas kamera lebih canggih

Sudah tidak diragukan lagi soal kualitas gambar yang dihasilkan kamera milik iPhone. Melihat pentingnya fitur ini dalam gaya hidup di era serba digital membuat orang tak ragu untuk membeli iPhone meskipun dengan harga yang mahal.

Bahkan tak hanya untuk foto, kualitas rekaman video yang dihasilkan iPhone juga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan seperti pengelolaan media sosial.


Baca juga: 2 Merek Head Unit Android Terbaik Harga di Bawah Rp 1 Jutaan


3. Penyimpanan cloud

Fitur penyimpanan iCloud diyakini menjadi salah satu penunjang kenapa Apple membandrol iPhone cukup mahal ketimbang HP lainnya.

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar inilah pengguna iPhone bisa menyimpan dokumen penting miliknya seperti foto, video, musik, dan lainnya.

iCloud juga dinilai cukup memudahkan pengguna agar tak perlu repot membeli memori eksternal untuk menyimpan berkas miliknya agar selalu aman selagi terkoneksi dengan internet.

4. Tingkat keamanan ketat

Teknologi keamanan iPhone cukup canggih untuk melindungi data penggunanya dari aksi pembobolan. Hal ini berguna semisal perangkat dalam kondisi hilang atau dicuri.

Pihak yang tidak memiliki akses akan kesulitan mengoperasikan gawai curiannya sehingga tidak akan berguna.

Karena itulah sistem keamanan iPhone mendapat kepercayaan yang lebih di mata konsumen ponsel pintar saat ini. Jadi pantas jika harganya relatif lebih mahal ketimbang smartphone lainnya.


Baca juga: Cara Mudah Temukan Info Lowongan Kerja di Perusahaan Bonafit dan Terpercaya, Simak!


5. Inovasi dan branding kuat

Apple selalu menjadi perusahaan komunikasi yang hadir dengan inovasi lebih segar. Beberapa penerapan fitur terbaru selalu menjadi yang pertama, kemudian banyak merek lain yang mengikutinya.

Tak hanya itu, dari segi desain juga selalu tampil dengan ide-ide baru yang justru jadi bahan tiruan oleh merek lain yang notabene sebagai pesaingnya.

Secara garis besar, beberapa keunggulan iPhone tersebut selalu berhasil memunculkan kesan ekslusif dan tidak dimiliki merek lain.

Namun selain kelima alasan di atas mungkin juga termasuk anggapan yang menganggap iPhone sebagai parameter bahwa seseorang dikatakan 'mapan' jika memiliki gadget tersebut.

Dengan kata lain, iPhone sudah seperti standar gaya hidup bagi seseorang jika ingin dinilai sebagai orang yang berada. Meski tak sedikit juga yang merasa terbantu pekerjaan sehari-harinya dengan mengoperasikan HP andalan Apple itu.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close