Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

5 Kiat Sukses Juara Lomba Menulis di Internet, Ikuti Tips Ini Agar Menang

5 Kiat Sukses Juara Lomba Menulis di Internet, Ikuti Tips Ini Agar Menang
Ilustrasi.

SUARA NASIONAL - Menjadi seorang juara dalam sebuah perlombaan adalah impian setiap orang yang tengah berkompetisi. Bahkan dengan usaha maksimal dilakukan demi mencapai level itu.

Terkadang banyaknya kompetitor tak menyurutkan mental untuk tampil sebagai pemenang. Meski kadang hasil tak selalu seperti yang diinginkan.

Ada banyak jenis lomba yang sejak dulu kerap diselenggarakan baik secara offline maupun online, salah satunya lomba menulis.

Lomba menulis bisa dibilang sebagai ajang untuk mengasah kemampuan dalam seni mengolah kata baik fiksi maupun berdasarkan riset data.

Untuk memaksimalkan potensi juara dalam sebuah ajang perlombaan menulis, khususnya di internet (online), ternyata ada kiat suksesnya agar menjadi pemenang

Berikut ini 5 tips untuk membuka peluang menjadi juara dalam kejuaraan lomba menulis yang digelar secara daring.

1. Angkat tema yang sesuai

Tips juara lomba menulis yang pertama adalah kesesuaian tema yang diangkat dalam karya tulis tersebut. Hal ini bisa berpedoman pada tema yang diinginkan dewan juri.

Usahakan jangan menyimpang jauh dari tema utama. Sebaiknya fokus pada topik pembahasan utama, dan tambahkan topik-topik turunan yang masih relevan.

Misalnya, jika tema lomba menulis yang diangkat adalah berkaitan dengan sukses berbisnis di usia muda, maka jangan hanya fokus pada teknisnya semata, tetapi juga jelaskan apa manfaat dan dampaknya secara sosial jika bisnis tersebut benar-benar sukses.


Baca juga: Cara Agar Menang Lomba di Internet, Ikuti 5 Tips Ampuh Ini


2. Gunakan analisa yang berdasarkan fakta

Analisa di sini berguna sebagai fakta penguat. Di mana hal ini bisa didapatkan dengan melakukan riset ke berbagai sumber referensi.

Ini juga sekaligus menandakan bahwa penulis tak hanya pandai merangkai kata semata, tetapi juga sebagai seorang pembaca yang baik.

Jangan manipulasi fakta sesuai keinginan pribadi. Pun demikian halnya perspektif sepihak dari penulis. Pastikan ada keterlibatan opini dari pihak lain agar tulisan terasa berbobot karena adanya pesan dari narasumber.

Misalnya lagi tentang kiat sukses berbisnis di usia muda seperti pada contoh sebelumnya, maka buat tips, saran, dan nasehat menjalankan bisnis menurut 'kacamata' penulis dan dikuatkan dengan pengalaman narasumber tadi.

3. Tambahkan 'bumbu' motivasi

Ingat, meski ada unsur motivasi di sini bukan berarti penulis memposisikan diri sebagai sosok yang seolah paling sempurna sebagai motivator.

Tetapi baiknya gunakan kutipan motivasi dari tokoh terkenal lain yang lebih masyhur. Dan cara ini juga masih terkait dengan poin kedua, yakni memberi porsi khusus bagi narasumber/pihak lain untuk menguatkan tulisan karya penulis/peserta lomba menulis.


Baca juga: Cara Mudah Temukan Info Lowongan Kerja di Perusahaan Bonafit dan Terpercaya, Simak!


4. Siapkan platform yang profesional

Jika lomba menulis online adalah contoh dari tips sukses menang lomba pada artikel ini, maka hal penting berikutnya yang tak boleh dilupakan adalah penggunaan platform yang tepat.

Sesuaikan dengan briefing yang diberikan pihak penyelenggara kepada peserta mengenai apa dan di mana tulisan itu harus dimuat.

Jika platform telah disediakan maka tinggal menggunakannya. Tetapi jika platform yang diminta adalah laman blog atau website pribadi, maka siapkan desain websitemu dengan baik, mulai dari layout, desain tampilan (UI), hingga kemudahan pengguna dalam mengakses landing page (UX).

5. Pastikan karya original

Dan yang terakhir namun paling penting adalah originalitas karya. Pastikan karya yang diikuti dalam lomba menulis online tidak mengandung unsur plagiarisme dari karya peserta lain maupun sumber referensi di luar itu.

Karena andaikata tulisan Anda kalah pun akan tetap ada rasa bangga telah melahirkan karya tulis yang merupakan hasil pemikiran sendiri. Ketimbang harus meniru atau bahkan yang terparah menjiplak karya orang lain. Karena hal itu tanpa disadari secara perlahan akan mematikan kreativitas penulis.


Baca juga: Mengenal Desa Inggris Bandung, Kursus Bahasa Asing dengan Cara Menyenangkan


Serta ada satu hal yang tidak masuk dalam kelima poin di atas namun juga perlu diperhatikan, yakni penggunaan identitas yang jelas sebagai bagian dari personal branding.

Saat mengikuti lomba menulis di internet pastikan tidak menggunakan biodata, profil, maupun identitas yang samar.

Buat branding diri Anda terlihat layaknya seorang penulis profesional dengan kelengkapan foto profil yang sesuai, penulisan nama yang jelas, hingga penyematan kolom profil yang bisa dipahami pembaca secara menyeluruh.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close