Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Tips Jitu Tawar-menawar Harga Saat Liburan di Kota Batu

Tips Jitu Tawar-menawar Harga Saat Liburan di Kota Batu
Pasar Laron di Alun Alun Kota Batu selalu ramai pedagang yang menjajakan dagangannya. (Dok. Detik)

SUARA NASIONAL - Saat berlibur ke Kota Batu tentunya menjadi waktu yang menyenangkan. Apalagi destinasi wisata yang dituju sudah masuk dalam perencanaan yang matang jauh-jauh hari.


Namun sayangnya yang jarang terpikirkan bagi banyak orang adalah cara cermat mengelola pengeluaran saat sudah berada di lokasi tujuan. Memang pengelolaan keuangan sudah diatur, tetapi kondisinya akan lain lagi saat sudah ada di tempat wisata tersebut.


Yang kadang menjadi masalah adalah terjebaknya wisatawan dengan harga jual produk-produk merchandise atau cenderamata yang hendak dibeli. Dari situ jelas kepiawaian mengeluarkan jurus jitu tawar-menawar wajib dikeluarkan.


Dan sayangnya lagi, tidak semua orang bisa melakukannya. Terkadang ada rasa sungkan dan segan saat 'perang lidah' dengan si penjual.


Tenang saja, jika Anda termasuk orang yang kurang jago dalam hal tawar-menawar, ikuti cara berikut, tips tawar-menawar harga saat liburan di Kota Batu. Ya, meski konteksnya ada di Kota Batu, tapi bukan tidak mungkin dapat Anda terapkan juga di tempat lain dengan tujuan yang sama, yakni berlibur.


1. Lakukan komunikasi yang baik dengan penjual


Seorang penjual tentu akan merespon proses negosiasi selain menguntungkan untuk dirinya juga akan mempertimbangkan yang terbaik bagi calon pembeli.


Baca juga: 5 Cara Bijak Atur Keuangan, Kendalikan Pengeluaran Agar Tidak Boros


2. Ajak teman asli daerah


Satu contoh, jika Anda berlibur ke Kota Batu, maka salah satu solusi untuk menghindari pedagang nakal saat proses tawar-menawar adalah dengan mengajak teman Anda yang berasal dari daerah yang sama dengan lokasi wisata tersebut, atau dalam hal ini Kota Batu. Tentu teman Anda itu sudah hafal betul karakter penjual yang ada di daerahnya.


3. Rajin bertukar pengetahuan sesama wisatawan


Tak ada salahnya menanyakan pengalaman orang lain usai berlibur dari tempat yang sama dengan tujuan wisata kita saat ini. Sedikit banyaknya ini sebagai acuan saat nantinya giliran kita yang berwisata di lokasi tersebut.


4. Bersikap baik pada penjual


Nah, inilah yang paling menentukan. Saat Anda berinteraksi langsung dengan penjual sebisa mungkin selalu bersikap baik, ramah, dan bijaksana, agar Anda bisa mengontrol proses negosiasi, justru bukan Anda yang disetir oleh penjual tersebut.


Mulai sekarang, saat Anda berlibur ke Kota Batu atau tempat wisata lainnya bisa menerapkan tips diatas utamanya saat sedang melakukan proses tawar-menawar. Selamat mencoba sahabat!



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close