Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

5 Cara Bijak Atur Keuangan, Kendalikan Pengeluaran Agar Tidak Boros

5 Cara Bijak Atur Keuangan, Kendalikan Pengeluaran Agar Tidak Boros
Ilustrasi. Bijak mengatur keuangan. (Dok. Web)


SUARA NASIONAL - Setiap orang pasti memiliki keinginan hidup mapan dengan penghasilan yang mencukupi. Tapi sayangnya tidak semua orang sukses menerapkan hidup hemat, apalagi susah mengendalikan 'lapar mata'.


Namun bagi Anda yang membutuhkan tips agar tidak boros, berikut SuaraNasional.id sajikan artikel mengenai hal tersebut seperti dikutip dari laman Fitech Company.


1. Sisihkan 10 persen penghasilan tiap bulan untuk ditabung


Usahakan untuk tidak bandel. Penghasilan bulanan jangan dihabiskan untuk kebutuhan semuanya, namun sisakan 10 persen untuk dimasukkan dalam tabungan atau bahkan hanya sekedar celengan.


2. THR atau gaji ke-13 gunakan untuk menambah tabungan


Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya menjadi 'energi tambahan' bagi setiap orang untuk bersenang-senang. Tapi alangkah lebih bijaknya THR juga masuk dalam rencana tabungan demi masa depan, bukan sebaliknya.


Baca juga: Tips Jitu Tawar-menawar Harga Saat Liburan di Kota Batu


3. Pasang target batas pengeluaran per hari


Tentukan target pengeluaran maksimal yang artinya tidak boleh melebihi nominal yang sudah ditentukan. Jika Anda gagal, maka jumlah tabungan rutin tiap bulan akan tidak sesuai dengan nominal semestinya.


4. Dahulukan kebutuhan, pikir ulang keinginan


Lapar mata memang lebih kejam daripada lapar perut. Apapun yang dilihat pasti lebih menarik untuk dibeli tanpa berpikir bahwa sebenarnya Anda tidak terlalu butuh untuk memilikinya. Jadi berpikirlah bijak untuk mendahulukan mana yang sekiranya Anda butuhkan saat ini.


5. Belajar investasi


Persempit peluang untuk hutang, belajarlah menenamkan investasi dimulai dari bisnis kecil-kecilan. Banyak mahasiswa yang sukses dari bisnis kecil, apalagi bagi Anda yang sudah bekerja, tentu mudah dalam mendapatkan modal dengan cara menyisihkan sedikit gaji Anda.


Itulah penjelasan mengenai tips agar tidak boros. Dengan menerapkan cara-cara seperti yang telah dijelaskan diatas, maka Anda akan bisa mengontrol keuangan Anda agar lebih sehat. Dengan demikian bukan hal yang sulit untuk mewujudkan keinginan memiliki tabungan yang banyak demi meraih hal yang lebih wajib untuk dimiliki di masa depan.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close