Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

7 Manfaat Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Apa Saja?

7 Manfaat Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Apa Saja?
Daun sirsak menyimpan banyak khasiat bagi tubuh.

SUARA NASIONAL - Buah sirsak adalah buah yang luar biasa khasiatnya bagi kesehatan. Khasiat buah sirsak bisa kita dapatkan secara merata, mulai dari kulit, daun, akar, dan tentu saja buahnya.


Nah, kali ini yang menjadi fokus pembahasan adalah manfaat daun sirsak bagi kesehatan. Setidaknya ada 7 manfaat utama daun sirsak bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui.


Adapun uraian 7 manfaat utama daun sirsak bagi kesehatan seperti dikutip dari situs manfaat.co.id antara lain:


1. Mengatasi rematik


Penyakit ini disebabkan oleh kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Bukan hanya orang tua, penyakit rematik bisa juga diderita anak muda. Dan daun sirsak memiliki khasiat untuk menyembuhkan rematik tersebut.


Caranya haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah yang terkena nyeri rematik secara teratur dua kali sehari. Diamkan beberapa menit sampai daun kering dengan sendirinya.


Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Salah Satunya Bisa Jadi Obat Flu


2. Pengobatan sakit punggung


Jarang berolahraga dan buruk gaya hidup sehari-hari sangat rentan membuat kita sakit pada punggung. Daun sirsak merupakan obat alami yang efektif untuk kasus ini.


Caranya rebus 20 lembar daun sirsak pada 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air tersisa. Dianjurkan untuk minum ¾ cangkir sekali dalam sehari.


3. Pengobatan asam urat


Untuk jenis penyakit ini sudah banyak obat-obatan alternatif lain yang juga menggunakan bahan dasar daun sirsak.


Cara penggunaannya adalah rebus 10 daun sirsak yang sudah tua namun masih berwarna hijau dalam keadaan bersih usai dicuci. Rebus daun tersebut dalam 2 gelas air mendidih sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan ini dua kali sehari yakni pagi dan sore hari untuk memperoleh khasiatnya seccara maksimal.


Baca juga: Ternyata Minum Kopi di Pagi Hari Ada Efek Buruknya, loh! Baca Ini Biar Paham


4. Melawan kanker


Selain buah naga, daun sirsak juga dikenal efektif untuk menyembuhkan penyakit kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan mampu menyembuhkan kanker lebih cepat daripada kemoterapi.


Cara penggunaannya adalah rebus 10 lembar daun sirsak dalam 3 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas saja. Saring dan dinginkan, lalu minum secara rutin ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.


5. Membasmi diabetes


Nutrisi yang terdapat dalam daun sirsak diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh kita menjadi kisaran normal.


Cara penggunaannya adalah ambil 2-5 helai daun sirsak, lalu bersihkan dibawah air mengalir untuk menghilangkan bakteri. Rebus dalam air mendidih sebanyak 3 gelas sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rutin pagi dan malam hari selama 4 hari berturut-turut. Lalu cek kadar gula Anda, dan bandingkan dengan empat hari sebelumnya.


6. Mencegah perkembangan tumor


Ini sebabnya mengapa daun sirsak disebut tumbuhan super. Karena selain memiliki khasiat yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata daun sirsak juga efektif menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit, dan perkembangan tumor. Cara penggunaannya pun hampir sama dengan metode untuk penyembuhan penyakit lain dengan cara meminumnya secara rutin.


Baca juga: Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Dapat Meningkatkan Daya Kerja Otak


7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Senyawa antioksidan dalam daun sirsak bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh kita. Cara penggunaan daun sirsak dengan tujuan meningkatkan kekebalan tubuh adalah rebus 4-5 helai daun sirsak dalam 4 gelas air mendidih sampai tersisa 1 gelas saja. Minum secara rutin sekali dalam sehari untuk mendapat khasiatnya secara optimal.


Namun tetap itu semua bergantung pada konsistensi Anda dalam mengkonsumsi daun sirsak menjadi olahan atau ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan.


Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum menjadikan daun sirsak sebagai ramuan alami adalah memastikan kualitas daun atau tumbuhan tersebut sehat. Tidak lupa untuk selalu membersihkannya sebelum diracik.


Selain itu juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi secara berlebihan, mengingat setiap orang memiliki kebutuhan asupan nutrisi yang berbeda, sehingga ditakutkan justru terjadi hal buruk jika Anda berlebihan dalam mengkonsumsinya.


Jika semua dirasa mudah dalam meracik sampai pada tahapan mengkonsumsi, tetap saja Anda dianjurkan melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapat informasi lebih akurat mengenai cara dan pola yang tepat dalam memanfaatkan daun sirsak sebagai ramuan alami tersebut.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close