Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Mahasiswa ITS Ciptakan Mecca Mate dan Hajjstore, Solusi bagi Jemaah Haji dan Umrah

Mahasiswa ITS Ciptakan Mecca Mate dan Hajjstore, Solusi bagi Jemaah Haji dan Umrah
Mahasiswa ITS memamerkan platform Mecca Mate buatannya yang memudahkan aktivitas jemaah haji.

SURABAYA, SUARA NASIONAL - Kebingungan kerap kali melanda jemaah haji atau umrah, terutama bagi mereka yang belum pernah menunaikan ibadah tersebut sebelumnya. Kurangnya pengetahuan dan persiapan menjadi faktor utama di balik kebingungan ini.

Memahami hal tersebut, empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berinisiatif menciptakan platform digital yang dapat membantu jemaah haji dan umrah. Platform tersebut diberi nama Mecca Mate dan Hajjstore.

Luthfi Hakim Irawan, ketua tim pengembang Mecca Mate dan Hajjstore, menjelaskan bahwa platform ini hadir untuk memberikan panduan dan solusi bagi jemaah haji dan umrah.

"Tidak semua jemaah haji dan umrah itu siap. Ada yang belum sempat manasik atau membaca buku panduan, sehingga saat di sana mereka kebingungan," kata Luthfi, dilansir dari Beritajatim.com, Rabu (22/5/2024).

Mecca Mate hadir dalam bentuk chatbot yang memungkinkan jemaah untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi dengan mudah.

Jemaah hanya perlu mengirimkan pesan, dan platform akan memberikan panduan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Dengan cara ini, platform dapat memberikan panduan yang terpersonalisasi," terang mahasiswa Sistem Informasi ITS tersebut.

Selain kebingungan dalam beribadah, jemaah haji dan umrah juga kerap kali dihadapkan pada masalah barang bawaan, terutama oleh-oleh.

Untuk mengatasi hal ini, tim Mecca Mate juga menghadirkan Hajjstore, sebuah platform e-commerce yang menyediakan perlengkapan haji dan umrah serta oleh-oleh.

"Jemaah bisa memesan barang secara online dan menerima produknya setelah kembali ke Indonesia," jelas Luthfi.

Integrasi antara Mecca Mate dan Hajjstore semakin memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi dan membeli kebutuhan selama di Tanah Suci.

Inovasi Mecca Mate dan Hajjstore ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Dr. Muhammad Nabil Harun, dosen Departemen Sistem Informasi ITS yang menjadi pembimbing tim.

"Saya harap platform ini dapat membantu jemaah haji dan umrah dalam menunaikan ibadahnya dengan lancar dan nyaman," tutur Dr. Nabil.

Diharapkan dengan adanya Mecca Mate dan Hajjstore, jemaah haji dan umrah dapat fokus pada ibadahnya tanpa diliputi kebingungan dan kerepotan.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter