Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Pemkab Sinjai Bersama Forkopimda Ziarah Nasional di TMP Mangottong

Pemkab Sinjai Bersama Forkopimda Ziarah Nasional di TMP Mangottong
Pemkab Sinjai Bersama Forkopimda Ziarah Nasional di TMP Mangottong
(Dok : Istimewa) 

SuaraNasional.id - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bersama Forkopimda melaksanakan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mangottong.

Pelaksanaan ziarah nasional, ini merupakan rangkaian kegiatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Upacara bendera sebelumnya dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Kamis (17/8/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sinjai, Zulkarnaen. Sementara komandan upacara oleh IPDA Agus Salim.

Kegiatan Ziarah tersebut dihadiri Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin para Forkopimda, Ketua TP PKK Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, Asisten, Staf Ahli Bupati serta Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Sinjai.

Prosesi Ziarah diawali dengan penghormatan kepada para arwah pahlawan.Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, peletakan karangan bunga serta tabur bunga di pusara makam para pahlawan.

Usai mengikuti Ziarah Nasional, Bupati ASA menuturkan kegiatan ini mengingatkan kita khususnya kepada penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu.

Selain itu, untuk mengenang kembali keteladanan, pengabdian dan pengorbanan para pahlawan. Tujuan lainnya, yakni sebagai bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang, dan menjadikan semangatnya sebagai panutan dalam meneruskan perjuangan para pahlawan.

“Untuk meraih kemerdekaan adalah perjuangan yang luar biasa, bahkan pendahulu kita harus membayarnya dengan nyawa sekalipun. Mari kita memaknai ziarah nasional ini untuk mengingat perjuangan mereka, dengan mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya sesuai harapan cita-cita pendiri bangsa kita ,” harapnya.

Ziarah nasional tersebut diikuti satu peleton TNI AD, TNI AL, Polri (Polres) Sinjai serta satu peleton dari Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sinjai.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close