Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Empat Pelajar Bulukumba Terpilih sebagai Anggota Paskibra Sulsel 2023

Empat Pelajar Bulukumba Terpilih sebagai Anggota Paskibra Sulsel 2023
Empat Pelajar Bulukumba Terpilih sebagai Anggota Paskibra Sulsel 2023
(Dok : Istimewa) 

SuaraNasional.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba mengutus 4 pelajar menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023. Keempat pelajar tersebut, lolos seleksi berdasarkan perangkingan.

"Saat seleksi Mei 2023 lalu, kita kirim 4 orang. Alhamdulillah semuanya lolos seleksi menjadi anggota Paskibra tingkat provinsi Sulsel," kata Kepala Bidang Kesatuan Bangsa pada Badan Kesbangpol Bulukumba, Akhmad Rizal, Rabu, 2 Agustus 2023.

Rizal mengatakan, ada 4 orang pelajar Bulukumba SMA sederajat yang diminta oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, ternyata keempatnya berhasil lolos.

Saat ini, katanya, 4 pelajar Bulukumba tersebut, sudah berada di Kota Makassar untuk masuk pemusatan Paskibra tingkat provinsi Sulsel, sekaligus dikarantina menjalani latihan.

"Dari 4 orang ini, ada 2 orang lagi yang lolos 10 besar dan ikut seleksi tingkat nasional di Jakarta. Namun, mereka jatuh di 5 besar," kata Rizal.

Ia menjelaskan bahwa seleksi anggota Paskibra yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-78 RI nanti baik tingkat kabupaten maupun provinsi benar-benar profesional tanpa ada intervensi dari pihak manapun

Menurut Rizal, proses seleksi anggota Paskibra sama sekali tidak ada kewenangan dari tim seleksi. Sebab, semuanya merupakan domain pemerintah pusat melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Proses seleksi kemarin menggunakan sistem aplikasi, sehingga tidak ada istilah titipan," jelasnya.

Rizal menguraikan alur seleksi calon anggota Paskibra. Awalnya, katanya lagi, Kesbangpol Bulukumba mengirim data-data sekira 100an pelajar yang ikut seleksi. 

'Terus hasilnya ini langsung dari BPIP. Jadi, kita sisa mengumumkan saja nilainya tanpa dikorek-korek. Sistem sekarang seperti itu," tandasnya.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf saat ditemui berharap empat pelajar Bulukumba ini memberikan yang terbaik sehingga mampu mengharumkan nama baik Bulukumba.

"Jaga kondisi fisik dan kesehatan agar bisa melaksanakan tugas yang mulia ini sebagai pengibar bendera," pintanya.

Salah satu pelajar Bulukumba yang lolos anggota Paskibra Sulsel, Andi Azzah Ashilah menyampaikan rasa haru berhasil lolos menjadi Paskibra tahun ini. Ia mengaku akan fokus latihan dan memberikan yang terbaik.

"Semoga ini menjadi bakti bagi nusa dan bangsa, serta daerah Bulukumba tercinta," terang siswa UPT SMAN 1 Bulukumba tersebut.

Berikut 4 pelajar Bulukumba yang lolos anggota Paskibra Sulsel 2023:

1. Salman Alfa Reza dari UPT SMAN 9 Bulukumba

2. Andi Dhiya 'Us Syams dari dari UPT SMAN 8 Bulukumba

3. Andi Azzah Ashilah dari UPT SMAN 1 Bulukumba

4. Azizah Aprilia Putri dari MAN 2 Bulukumba.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close