Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Inspeksi Pembangunan di Bandara Internasional Dhoho Kediri Gunakan Bantuan Drone

Inspeksi Pembangunan di Bandara Internasional Dhoho Kediri Gunakan Bantuan Drone
Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jawa Timur, tampak atas diambil menggunakan kamera drone.

SUARA NASIONAL - Penggunaan teknologi kamera udara drone sudah menjadi tren dalam dunia teknik. Tak terkecuali untuk memantau progres pembangunan suatu proyek.


Hal ini dinilai lebih efektif untuk mengetahui secara menyeluruh pandangan mapping area dari tampak atas di lokasi proyek.


Termasuk seperti yang dilakukan PT Digital Global Eksplorasi Indonesia (DGEI) dalam memantau perkembangan proyek pembangunan Bandara Internasional Dhoho, Kediri, Jawa Timur.


PT DGEI memanfaatkan teknologi drone untuk mengambil footage area sebagai bahan laporan dan evaluasi dari pihak vendor kepada kontraktor yang mengampu proyek tersebut.


Kendati demikian, ada sejumlah kendala selama menerbangkan pesawat tanpa awak yang dilengkapi perangkat kamera tersebut. Menurut pilot, kendala seperti cuaca dan angin kencang kerap menjadi halangan dirinya dalam mengoperasikan drone.


"Di sini (Bandara Kediri) memiliki tingkat kesulitan yang lebih di karenakan faktor alam, cuaca yang tidak menentu, dan angin lembah dari Gunung Wilis membuat tekanan di atas bandara sering berubah-ubah, sehingga pilot harus cepat menyesuaikan kecepatan dan arah gerakan," ujar pilot dari PT DGEI.


Namun terlepas dari permasalahan itu, penggunaan drone diyakini dapat memudahkan proses mapping area untuk keberlanjutan pembangunan.


Baca juga: Cara Perpanjang STNK via Online, Gak Perlu Repot ke Kantor Samsat


Tentang proyek Bandara Internasional Dhoho Kediri


Seperti telah banyak diberitakan, Bandara Internasional Dhoho Kediri merupakan salah satu proyek bandara percontohan di mana adanya keterlibatan pihak swasta dalam inisiasi pembangunan.


Hingga saat ini, perusahaan rokok seperti Gudang Garam telah menyutikkan dananya kurang lebih Rp 13 triliun demi kesuksesan pembangunan bandara ini.


Bandara Internasional Dhoho Kediri juga diharapkan bisa menaikkan tingkat perekonomian khususnya masyarakat Kediri dan sekitarnya. Karena dengan naiknya jumlah mobilitas manusia, maka berpotensi juga menaikkan taraf perekonomian masyarakat yang bernilai ekonomis.


Baca juga: Harga Mobil Honda City Terbaru 2023 dan Spesifikasi Lengkap Sedan Terbaik Keluaran Jepang


Penggunaan drone dalam inspeksi


Sementara itu, penggunaan teknologi drone telah menjadi sebuah perkembangan di dunia teknik khususnya untuk keperluan inspeksi. Jika dulu memerlukan helikopter untuk melihat tampak atas suatu kawasan, namun kini hanya memerlukan perangkat pesawat remote control yang lebih mudah dan murah dioperasikan.


Ketersediaan drone sebagai perangkat perekaman baik foto dan video menggunakan kamera udara juga bisa dimanfaatkan masyarakat.


Meski begitu, tidak semua wilayah dapat dieksplorasi dengan drone. Karena ada wilayah tertentu yang dijadikan zona terlarang untuk umum menerbangkan drone.


Baca juga: PO Bagong Punya Armada Bus Baru Buatan Karoseri Tentrem, Layani Trayek Rute Malang-Surabaya PP


Hal itu telah diatur melalui peraturan Kementerian Perhubungan yang diaplikasikan oleh dinas terkait di masing-masing daerah.


Karena jika dilanggar, maka ada sanksi yang mengintai pilot penerbang drone tersebut sesuai aturan yang berlaku.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close