Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

10 Spot Unggulan di Pulau Seribu Ini Dijamin Bakal Buat Liburan Berkesan

10 Spot Unggulan di Pulau Seribu Ini Dijamin Bakal Buat Liburan Berkesan
10 spot unggulan di Pulau Seribu, tempat wisata ramah anak dan keluarga. (Dok. Indonesia.Travel)

SUARA NASIONAL - Berikut ini 10 spot unggulan yang ada di Taman Nasional Pulau Seribu (TNPS) yang wajib Anda kunjungi saat liburan tiba.


Pasalnya, sejumlah tempat berupa deretan pulau-pulau menawan ini siap menyuguhkan sensasi liburan yang dekat dengan dunia laut.


Dikutip dari Pulau Seribu Tour, inilah 10 spot unggulan di Pulau Seribu lengkap dengan penjelasannya.


1. Pulau Putri


Di Pulau Putri, pengunjung dapat melihat pesona bawah laut tanpa harus basah-basahan. Pasalnya ada wahana akuarium raksasa yang memungkinkan pengunjung berada di dalamnya.


Dari akuarium itu wisatawan bisa melihat dunia bawah laut lengkap dengan binatang laut yang beraneka ragam.


Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati atraksi keliling pulau dengan fasilitas glass bottom boat, yakni wahana perahu yang bagian lantai kabinnya terbuat dari kaca.


2. Pulau Macan


Tampil beda dibanding spot pulau lainnya dari serangkaian wisata di Pulau Seribu. Di mana Pulau Macan memiliki keunikannya sendiri, yakni mengusung konsep eco-resort.


Hal unik lainnya di Pulau Macan adalah adanya Pulau Macan kecil yang hanya bisa dilihat saat air laut surut. Saat kondisi itu, pengunjung bisa menjelajah Pulau Macan ke Pulau Macan kecil hanya dengan berjalan kaki.


Baca juga: 10 Makanan Khas Palembang yang Enaknya Kebangetan, Sekali Coba Bikin Keterusan


3. Pulau Pelangi


Begitu tiba di dataran Pulau Pelangi, pengunjung akan disuguhi hamparan pasir kristal yang terbentang luas. Spot wisata Pulau Pelangi juga sangat ramah dikunjungi untuk wisatawan kalangan anak-anak.


Dengan kondisi dataran pantai yang landai membuat pemecah ombak antara darat dan laut kian terlihat jelas nan mempesona.


Di tempat ini terdapat restoran mengapung yang memunculkan kesan romantis bagi pasangan yang tengah menghabiskan waktu berdua di sana.


4. Pulau Sepa


Pulau Sepa masuk kategori private island atau pulau yang bersifat pribadi bagi sebagian kalangan wisatawan.


Hamparan pasir pantai yang menawan membuat betah siapapun yang berada di Pulau Sepa. Di tambah dukungan kegiatan seperti snorkeling, mengayuh kano, dan beberapa olahraga air lainnya kian menambah keseruan saat liburan.


Terdapat pula sejumlah resort yang bisa dijadikan penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di Pulau Sepa.


Baca juga: 5 Objek Wisata Terbaik di Indonesia yang Bikin Rindu Liburan Terus, Salah Satunya Raja Ampat


5. Pulau Bidadari


Dulunya pulau ini dinamakan Pulau Sakit, namun kini resmi berganti nama menjadi Pulau Bidadari. Sama halnya dengan Pulau Sepa, di Pulau Bidadari pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga air macam snorkeling, jetski, kano, dan banana boat.


Sepintas saat mengunjungi Pulau Bidadari akan merasa seperti berada di area perkampungan di Minahasa, Sulawesi Utara.


Di tambah adanya resort apung kian menambah kesan romantis saat mengunjungi Pulau Bidadari ini.


6. Pulau Ayer


Lain lagi dengan Pulau Ayer yang justru menampilkan pesona resort berkonsep rumah adat Papua yang mengapung di atas bibir pantai.


Selain itu terdapat beragam cenderamata yang bisa dijadikan oleh-oleh wisatawan saat kembali ke tempat masing-masing usai berlibur di Pulau Ayer.


Kebersihan, keamanan, dan keselamatan menjadi prioritas pengelola Pulau Ayer dalam menyambut wisatawan yang datang. Sehingga Anda tak perlu risau akan hal itu.


Pulau Onrust di Taman Nasional Pulau Seribu
Pulau Onrust di Taman Nasional Pulau Seribu (TNPS). (Dok. Indonesia.Travel)


7. Pulau Onrust


Umumnya Pulau Onrust dikunjungi sepaket dengan Pulau Cipir dan Pulau Kelor dalam paket one day trip atau tour dalam satu hari.


Dulunya tempat ini dijadikan asrama haji di era pemerintahan Hindia-Belanda. Karena saking aktifnya tempat ini untuk berbagai keperluan mobilisasi membuat pengelola memilih nama Onrust sebagai identitas sejak awal dikelola.


Nama Onrust diambil dari Bahasa Belanda yang berarti 'Tak Pernah Istirahat ', sesuai dengan sifatnya yang selalu sibuk dikunjungi jemaah haji asal Indonesia di masa lalu, hingga kini ramai wisatawan yang berlibur.


Baca juga: 10 Hotel di Jakarta Ini Posisinya Nyambung dengan Mall, Salah Satunya Grand Indonesia


8. Pulau Tidung


Layaknya Pulau Macan, di Pulau Tidung juga terbagi menjadi 2 bagian pulau, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.


Saat ini, Pulau Tidung kerap dijadikan tempat observasi atau penelitian hutan bakau atau Mangrove. Namun hal itu hanya difokuskan pada Pulau Tidung Kecil saja. Sebaliknya, di Pulau Tidung Besar justru memiliki fasilitas liburan yang lengkap sehingga layak untuk dikunjungi masyarakat secara umum.


9. Pulau Pari


Hamparan pasir pantai yang juga dijuluki sebagai Pantai Pasir Perawan membuat nama Pulau Pari yak luput dari ketenaran.


Dari tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang membuat jatuh hati dan serasa tak ingin pulang.


Adau hal menarik lainnya adalah atraksi melalui water sport, menanam bakau, snorkeling, berkeliling pulau, hingga mengunjungi Lembaga Penelitian biota laut milik LIPI.


Baca juga: 8 Kuliner Khas Surabaya Paling Populer Sepanjang Masa, 2 Terakhir Legend Banget!


10. Pulau Pramuka


Terakhir ada Pulau Pramuka yang juga sayang jika dilewatkan saat berada di Pulau Seribu. Pulau ini termasuk berpenghuni dari sekian banyak warga asli yang memang bermukim di situ.


Keindahan surga bawah lautnya membuat hati serasa jatuh cinta dan selalu ingin berada di sana. Selain itu ada wahana edukasi yang diwujudkan melalui pusat penangkaran penyu yang bisa dikunjungi wisatawan.


Itulah kesepuluh spot unggulan yang ada di Pulau Seribu, yang terdiri dari deretan pulau-pulau beserta keunggulannya masing-masing.


Selain bisa menyegarkan otak, tempat-tempat tersebut juga bernilai edukatif sehingga bisa dimanfaatkan untuk liburan bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.


Tak perlu khawatir soal keamanan, keselamatan, dan kenyamanan selama berada di Pulau Seribu. Karena setiap lokasi sudah dipastikan mematuhi protokoler yang ketat dan melalui pengawasan tim ahli dalam menyelenggarakan usaha akomodasi terpercaya.


Jadi, kapan nih mau liburan ke Pulau Seribu? Jangan lupa ajak sanak saudara, keluarga, dan pasangan, ya!



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter