Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Sudah 4 Partai Resmi Dukung Ganjar Capres 2024, Apa Saja?

Sudah 4 Partai Resmi Dukung Ganjar Capres 2024, Apa Saja?
Ganjar Pranowo. (Dok. Ist)

SUARA NASIONAL - Hingga saat ini sudah ada 4 partai yang mendukung pencapresan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.


Selain PDIP, ada 3 partai tambahan yang kini masuk ke daftar partai pengusung Ganjar tersebut. Setelah sebelumnya ada PSI dan Hanura, kini terbaru PPP juga masuk ke daftar itu.


Dikutip dari detikcom, PSI menjadi partai pertama yang mengusung Ganjar sebagai capres 2024. Kemudian disusul PDIP melalui pengumuman Ketum Megawati Soekarnoputri.


Baru Hanura dan PPP juga ikut mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024 setelah kedua partai sebelumnya.


Baca juga: Elektabilitas Ganjar Naik Signifikan Usai Dideklarasikan Jadi Capres PDIP


PSI dukung Ganjar Pranowo Capres 2024


Partai Solidaritas Indonesia atau PSI bahkan sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar sejak Oktober 2022 lalu.


PSI menyebut keputusan itu berdasarkan polling yang Rembug Rakyat yang dilakukan terakhir sampai Februari 2022.


"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin (3/10/2022).


PDIP deklarasikan Ganjar Capres 2024


Kemudian ada PDI Perjuangan atau PDIP yang juga mendeklarasikan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.


"Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).


Pengumuman deklarasi itu turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.


Baca juga: Wacana Duet Prabowo-Airlangga Mencuat, Menag Yaqut: Menjanjikan!


Hanura dukung Ganjar Pranowo Capres 2024


Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) juga ikut menyuarakan dukungannya dalam pencapresan Ganjar Pranowo.


Hal itu menyusul pengumuman deklarasi capres yang dilakukan PDIP sebelumnya.


"Itu sebabnya tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI saya yakin itulah pilihan Pak Jokowi yang saya tunggu-tunggu dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia yang akan datang," kata Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) kepada wartawan di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4/2023).


Menurutnya, Indonesia membutuhkan pemimpin seperti Ganjar sehingga hal itu menjadi dasar Hanura memberikan dukungan.


OSO juga menyebut dukungan itu telah disetujui seluruh kader Hanura.


"Jakarta bukan satu-satunya cermin, Indonesia begitu luas sekarang menjadi 38 provinsi, dan bakal akan berkembang lagi itu sebabnya kita memerlukan sosok figur yang betul-betul berpihak kepada daerah yang berpihak kepada rakyat, dari daerah untuk Indonesia," ucap OSO.


Baca juga: Elektoral Parpol Islam di Pemilu 2024 Diprediksi Turun, Terburuk dalam Sejarah


PPP beri dukungan Ganjar Pranowo Capres 2024


Terbaru, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masuk ke dalam daftar partai pengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.


Pengumuman dukungan PPP kepada Ganjar dilakukan di kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu (26/4/2023).


"Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024," kata Mardiono di lokasi pengumuman Ganjar Pranowo capres seperti dalam tayangan Youtube PPP.


Meski demikian, PPP yang saat ini bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap menyatakan bahwa KIB tidak bubar kendati pihaknya mendukung pencapresan Ganjar tersebut.


Dengan begitu, total sudah ada 4 partai yang resmi menyalurkan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah tersebut sebagai capres pada Pemilu 2024 nanti.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.