Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

PPDB Jatim SMA/SMK Jalur Prestasi Sudah Dibuka, Ini Cara Daftarnya!

PPDB Jatim SMA/ SMK Jalur Prestasi Sudah Dibuka, Ini Cara Daftarnya!
PPDB SMA/SMK Jawa Timur (Dok. Ist)


Suaranasional.id Bagi calon siswa SMA/SMK di Jawa Timur, sudah dibuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun 2024, dengan waktu pendaftaran pada tanggal 18-19 Juni 2024 pukul 21.00 WIB. 

PPDB ini khusus untuk jalur prestasi akademik, di mana seleksinya didasarkan pada rerata nilai rapor SMP/sederajat pada semester satu sampai lima.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui link https://ppdbjatim.net/

Calon siswa diperbolehkan memilih paling banyak tiga sekolah berbeda pada waktu pendaftaran, dengan ketentuan paling banyak tiga sekolah di wilayah dalam zonasi, atau paling banyak dua sekolah di dalam zonasi.

Siswa juga bisa mendaftar satu sekolah di luar zonasi dalam satu kabupaten/kota atau wilayah luar zonasi pada kabupaten/kota berbatasan.

Syarat Pendaftaran PPDB SMA Jatim Jalur Prestasi 

Syarat pendaftaran PPDB Jatim SMA jalur prestasi nilai akademik adalah data nilai rapor SMP/sederajat dari semester satu sampai lima, yang diinput oleh sekolah asal dalam sistem PPDB Jatim di laman rapor-ppdb.jatimprov.go.id.

Mata pelajaran yang diikutkan dalam seleksi PPDB SMA Jatim jalur prestasi nilai akademik meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Selain itu terdapat seleksi melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Inggris.

PPDB SMA ini terbuka bagi calon siswa dari dalam zonasi, wilayah luar zonasi dalam satu kabupaten/kota, atau wilayah luar zonasi antar-kabupaten/kota yang berbatasan.

Kuota siswa yang diterima untuk jenjang SMA dari jalur prestasi nilai akademik sebesar 25 persen dari pagu sekolah. 

Selain itu, seleksi turut memperhatikan nilai akreditasi dari SMP/sederajat asal siswa dan indeks sekolahnya yang tercatat di Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.

Jadwal PPDB Jatim SMA/SMK Jalur Prestasi 

Jadwal PPDB Jatim SMA/SMK Jalur Prestasi Nilai terdiri dari periode pendaftaran, penutupan, pengumuman, pencetakan bukti penerimaan, dan daftar ulang di SMA Negeri tujuan

Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juni 2024 (00.01 – 21.00 WIB), penutupan pada 19 Juni 2024 pukul 21.00 WIB, pengumuman pada 20 Juni 2024 pukul 08.00 WIB 

Setalah resmi diterima siswa akan mendapat pencetakan bukti penerimaan oleh calon peserta didik baru pada 20 Juni 2024 (08.00 – 23.59 WIB), dan daftar ulang di SMA Negeri tujuan pada tanggal 20-21 Juni 2024 pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Jika ingin mendaftar, silakan login ke situs https://ppdbjatim.net/ dengan menggunakan NISN, Tanggal Penerbitan KK/SKD, dan PIN, kemudian pilih sekolah yang diinginkan, unduh bukti pendaftaran.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter