Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Kenapa Website Penting Bagi Bisnis? 7 Alasan Ini Bakal Sadarkan Pebisnis

Kenapa Website Penting Bagi Bisnis? 7 Alasan Ini Bakal Sadarkan Pebisnis
Setiap bisnis butuh website mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan.

SuaraNasional.id - Di era digital seperti sekarang, website merupakan salah satu hal yang penting bagi bisnis.

Pasalnya website dapat menjadi sarana untuk memasarkan produk atau jasa, membangun brand awareness, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Selain alasan-alasan di atas, sebenarnya masih banyak alasan pendukung yang bakal membuka wawasan Anda, terutama yang saat ini tengah menjalankan bisnis.

Sebagai pebisnis, mutlak hukumnya untuk memiliki website mengingat peran pentingnya bagi perkembangan sekaligus keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga Anda dapat menemukan jawaban yang melegakan terkait pertanyaan kenapa website penting bagi bisnis.

Kenapa website penting bagi bisnis?

Setidaknya ada 7 manfaat utama website bagi bisnis yang perlu Anda ketahui.

Dan berikut uraian penjelasan dari 7 alasan kenapa website penting bagi bisnis seperti dijabarkan praktisi digital marketing Bram Edo.

Bram menyebut, website ibarat toko yang memajang katalog produk di ruang digital. Selain itu, website juga membuat identitas bisnis menjadi lebih dikenal di jagat maya.

Menurutnya, perkembangan bisnis akan lebih maksimal dirasakan oleh pemiliknya jika mudah ditemukan di internet. Hal itu karena besarnya market yang terbentuk dan berkumpul di internet seperti marketplace, e-commerce, media sosial, dan berbagai platform lainnya.

Namun jika dirangkum dari pernyataan Bram kepada redaksi SuaraNasional.id, inilah tujuh manfaat penting website bagi bisnis;

1. Menampilkan informasi seputar bisnis

Website bisa menjadi tempat yang tepat untuk menampilkan informasi seputar bisnis, seperti profil perusahaan (company profile), produk atau jasa, portfolio, dan kontak pemesanan.

Dengan memiliki website, calon pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tentang bisnis tersebut.

Terlebih jika didukung fitur transaksional maka akan semakin melengkapi fasilitas yang bisa membuat pelanggan nyaman dalam berbelanja.

2. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Website yang profesional dan informatif dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. Hal ini karena website dapat menunjukkan bahwa bisnis dikelola secara serius dan tepercaya.

Apalagi pada website turut mencantumkan sejumlah testimoni dari pembeli sebelum-sebelumnya, yang bisa jadi akan memengaruhi konsumen selanjutnya untuk ikut membeli.

3. Meningkatkan brand awareness

Kemudian website juga dapat membantu meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek di mata calon konsumen.

Dengan memiliki website, bisnis dapat menjangkau lebih banyak orang sekaligus memperbesar peluang menambah jumlah pelanggan-pelanggan baru.

Hal ini layaknya fungsi brosur namun versi digital, di mana orang-orang yang melihat memang belum tentu membeli, namun setidaknya mereka jadi tahu tentang bisnis tersebut.

4. Target pasar lebih luas

Website tidak dibatasi oleh waktu dan tempat layaknya toko konvensional. Karena internet sifatnya global, sehingga konten bisa dilihat oleh jangkauan pasar yang lebih luas, seperti dari dalam dan luar negeri.

Namun penting untuk diperhatikan, jika bisnis ingin menjangkau market luar negeri, maka website juga harus mendukung fitur multi bahasa.

5. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Website dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Melalui website, pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan, melakukan pembelian, dan memberikan feedback.

Selain itu, melalui rekaman aktivitas seperti cache dan history, memungkinkan website menyuguhkan informasi yang relevan sesuai minat pengguna.

6. Hemat biaya

Website dapat menghemat biaya pemasaran. Hal ini berbeda bila dibanding biaya membuat toko konvensional.

Website bisnis tersebut juga dapat menghemat biaya iklan dan promosi bila dibanding media cetak, televisi, dan masa lainnya.

7. Meningkatkan ROI

Dengan website, maka peluang Return of Investment (ROI) juga lebih cepat ditingkatkan.

Hal itu karena website akan memengaruhi kecepatan penjualan sekaligus berdampak pada pendapatan dan financial cash flow.

Kriteria website yang baik bagi bisnis
Website bisnis harus memenuhi berbagai kriteria agar bermanfaat secara optimal.

Kriteria website yang baik bagi bisnis

Ketujuh manfaat website bagi bisnis pada poin-poin di atas tentunya baru benar-benar efektif dirasakan pebisnis jika memenuhi sejumlah kriteria.

Adapun kriteria yang dimaksud meliputi tampilan yang keren dan elegan, memiliki kecepatan loading yang cepat, SEO friendly, serta memiliki informasi yang lengkap dan terstruktur antar laman.

Tampilan website keren dan elegan. Website tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna sehingga merasa nyaman selama mengakses dan menjelajahi informasi di dalamnya. Selain itu website juga harus mobile friendly saat dibuka melalui perangkat seluler.

Kecepatan loading. Apa artinya tampilan yang keren dan elegan jika waktu aksesnya cukup lama dan memberatnya perangkat pengguna. Karenanya penting untuk meminimalisir durasi akses melalui optimasi masif.

SEO friendly. Website yang didesain baik untuk peningkatan pengalaman manusia juga harus dibarengi kemudahan bot crawling dalam mengindeksnya. Karena website yang keren akan menjadi sia-sia jika tidak muncul pada mesin pencari macam Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan lainnya.

Informasi lengkap. Website harus bisa menjawab segala kebutuhan calon konsumen dengan menyertakan informasi detil yang relevan dengan jenis bisnis, baik itu produk ataupun jasa.

Dan dari serangkaian penjelasan di atas bisa menjadi tips jitu dalam mengembangkan bisnis selama website yang dioperasikan tersebut dikelola dengan baik.

Untuk memiliki website yang baik Anda bisa merekrut tim atau personal khusus yang didelegasikan untuk mengisi posisi tersebut.

Namun jika tidak memiliki SDM khusus untuk bertugas membuat sekaligus mengelola website, maka bisa menggunakan jasa pembuatan website yang telah banyak menawarkan jasanya di internet.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close