Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Kekeringan Semakin Meluas, Begini Cara Syadid Memberikan Jalan Keluar!

Kekeringan Semakin Meluas, Begini Cara Syadid Memberikan Jalan Keluar!
Kader PKS Muhammad Syadid memberikan solusi untuk mengatasi dampak kekeringan bagi petani dan nelayan.

SuaraNasional.id - Dampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini mengharuskan petani tidak bisa bergantung pada satu sumber penghasilan.

Apalagi jika petani yang tidak memiliki lahan alias buruh, otomatis pemilik lahan tidak bisa mempekerjakan buruh sehingga buruh tidak mendapat penghasilan untuk makan sehari-hari, demikian penjelasan dari H. Muhamad Syadid, SS., MH, Caleg DPRD PKS Lumajang Dapil 5 (Pasrujambe, Senduro, Gucialit, Padang).

Dijelaskan oleh Mas Syadid, sapaan akrabnya, pihaknya berkomitmen merealisasikan Gudang Pangan Murah yang mengacu pada Perpres No. 66 Tahun 2021.

Hal ini sebagai bentuk jaminan pangan kepada para petani dan nelayan ketika situasi sulit untuk bekerja.

“Perpres ini mengatur mengenai pembentukan Badan Pangan Nasional yang merupakan lembaga pemerintah berada yang di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden,” kata Mas Syadid.

Lebih lanjut Mas Syadid mengatakan, Badan Pangan Nasional sendiri dipimpin oleh Kepala yang bertanggungjawab melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pangan.

Jenis pangan yang menjadi tugas dan fungsi Badan ini yaitu: beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, dan cabai.

“Pangan tak hanya beras, kami juga berupaya menghidupkan pangan lokal agar masyarakat tidak bergantung pada beras untuk memenuhi kebutuhan pangan. Variannya mulai nasi jagung, sagu, ubi sampai gandum,” kata lulusan SMA 2 Lumajang itu.

Kemudian, Alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir itu juga mengatakan, berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, ada sekitar 17 desa di 7 kecamatan yang berpotensi terdampak kekeringan.

“Jadi selain kesulitan pangan, masyarakat juga krisis air bersih akibat kekeringan ini dan ami langsung gerak cepat mendistribusikan air bersih di daerah-daerah terdampak,” imbuhnya.

Dikatakan lagi, spirit membangun dari desa dari segi pangan ini sejalan dengan spirit 3 Big Goals PKS pada 2024 meliputi Pangan Murah (Gudang panagn murah di tiap desa dan kelurahan), Kerja Gampang (8 juta lapangan kerja baru), dan Sehat Mudah (Tunggakan BPJS dihapus).***

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter