Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Jangan Sepelekan WC Mampet, Dampaknya Bisa Pengaruhi Kesehatan Penghuni Rumah, Loh!

Jangan Sepelekan WC Mampet, Dampaknya Bisa Pengaruhi Kesehatan Penghuni Rumah, Loh!
Dampak negatif WC mampet dan cara mengatasinya.

SuaraNasional.id - WC mampet adalah masalah yang umum terjadi di rumah tangga. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bau yang tidak sedap.

Selain itu, WC mampet juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Terlebih mengancam kesehatan penghuni rumah jika WC tersebut merupakan fasilitas yang ada di kediaman Anda.

Oleh karena itu, masalah WC mampet tidak bisa dianggap sepele. Selain membuat pikiran tidak tenang, juga tentunya memengaruhi kesehatan bersama.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah segera mencari solusi atas permasalahan itu. Namun, sebelum mengetahui apa saja yang mesti dilakukan jika WC mampet, ada baiknya memahami dahulu sejumlah dampak negatifnya seperti dijelaskan dalam artikel ini.

Dampak negatif WC mampet

WC mampet dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah. Hal ini karena WC tidak dapat digunakan untuk membuang kotoran dan air seni.

Dari aspek kesehatan, ternyata belum banyak yang menyadari bahwa mampetnya saluran pembuangan juga memengaruhi kesehatan.

Selain itu, dampak negatif lain akan berpengaruh ke kualitas kebersihan lingkungan sekitar.

Menyadur beberapa sumber, berikut ini dampak negatif WC mampet jika terus diabaikan. Hal-hal berikut bakal menjadi masalah baru jika pemilik rumah tidak segera mengambil sikap, utamanya dari sisi kesehatan dan lingkungan.

Dampak WC Mampet terhadap kesehatan

WC mampet dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman.

Bakteri dan kuman ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, disentri, dan tipus.

Bakteri dan kuman dapat masuk ke tubuh manusia melalui kulit, mata, dan mulut. Bakteri dan kuman ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, disentri, dan tipus.

Dampak WC mampet terhadap lingkungan

WC mampet dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Kotoran dan air yang tidak dapat mengalir ke septic tank akan meluap dan mencemari lingkungan sekitar.

Kotoran dan air yang meluap dapat mencemari tanah, air, dan udara. Pencemaran ini dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan.

Cara mencegah WC mampet

Ada beberapa cara yang bisa dan harus dilakukan untuk mencegah WC mampet, antara lain:

  • Jangan membuang benda asing ke dalam WC - Benda asing, seperti tisu toilet, pembalut, popok bayi, tampon, dan cotton bud, dapat menyumbat pipa pembuangan.
  • Siram WC dengan benar - Siram WC dengan air yang cukup untuk mendorong kotoran ke septic tank.
  • Periksa septic tank secara berkala - Periksa septic tank secara berkala untuk memastikannya tidak penuh.
  • Gunakan pembersih WC secara teratur - Gunakan pembersih WC secara teratur untuk membantu membersihkan pipa pembuangan.

Cara mengatasi WC mampet

Dikutip dari RepublikIndonesia.net, jika WC mampet, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Gunakan plunger - Plunger adalah alat yang dapat digunakan untuk mendorong penyumbatan di pipa pembuangan.
  • Gunakan soda kue dan cuka - Soda kue dan cuka dapat membantu melarutkan penyumbatan di pipa pembuangan.
  • Gunakan selang air - Selang air dapat digunakan untuk membersihkan penyumbatan di pipa pembuangan.
  • Hubungi jasa sedot WC - Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi jasa sedot WC untuk mengatasi WC mampet.

Dengan mengetahui dampak dan cara mengatasi WC mampet, kita dapat mencegah masalah ini agar tidak terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Itulah informasi mengenai masalah umum yang kerap terjadi di rumah, yaitu masalah WC mampet. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasinya agar kerusakan tak semakin parah.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.