Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Apa Fungsi Maskot Dalam Branding Bisnis? Pebisnis Wajib Simak Kalau Mau Sukses

Apa Fungsi Maskot Dalam Branding Bisnis? Pebisnis Wajib Simak Kalau Mau Sukses
Ronalds menjadi salah satu bukti kesuksesan branding maskot yang dilakukan McDonald's. (Dok. McD)

SuaraNasional.id - Maskot merupakan salah satu elemen penting dalam branding bisnis.

Selain itu, maskot dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness, membangun kedekatan dengan konsumen, dan meningkatkan brand loyalty.

Dirangkum dari berbagai sumber, fungsi maskot nyatanya sangat penting bagi keberlangsungan bisnis secara jangka panjang. Pasalnya identitas bisnis tak melulu fokus pada logo belaka, tetapi juga karakter yang dapat membuat konsumen terus ingat akan bisnis tersebut.

Fungsi maskot dalam branding bisnis

Setidaknya ada 3 fungsi utama maskot dalam upaya membranding suatu bisnis, yaitu untuk meningkatkan brand awareness, menjalin kedekatan dengan konsumen, serta meningkatkan brand loyalty.

Berikut penjelasan dari ketiga fungsi tersebut:

Meningkatkan brand awareness

Maskot dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness dengan membuat brand lebih mudah diingat dan dikenali oleh konsumen.

Maskot yang menarik dan unik dapat menjadi ikon brand yang akan selalu diingat oleh konsumen.

Membangun kedekatan dengan konsumen

Maskot dapat membantu bisnis untuk membangun kedekatan dengan konsumen dengan membuat brand lebih personal dan relatable.

Maskot yang memiliki kepribadian dan karakter yang menarik dapat membuat konsumen merasa lebih dekat dengan brand.

Meningkatkan brand loyalty

Maskot dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand loyalty dengan membuat konsumen lebih merasa terikat dengan brand.

Maskot yang disukai oleh konsumen dapat membuat konsumen lebih loyal dan setia kepada brand.

Agar ketiga fungsi di atas dapat berjalan sebagaimana mestinya, tentu dalam perancangan hingga pembuatan maskot tidak boleh dilakukan asal-asalan.

Pemilik bisnis harus memiliki tim khusus yang menangani hal tersebut. Biasanya perancangan desain hingga proses pembuatannya melibatkan divisi desainer grafis yang berpengalaman di bidangnya.

Namun terkadang ada pula perusahaan yang lebih mempercayakan hasil kerja dari jasa desain maskot dari pihak eksternal kendati lebih banyak memakan biaya dibanding dikerjakan sendiri.

Jika Anda termasuk yang mempercayakan hasil akhir desain maskot kepada pihak lain alias konsultan desain, tidak ada salahnya untuk terlibat dalam proses perancangan hingga penilaian progres kerja dengan mempertimbangkan sejumlah hal berikut.

Tips memilih maskot yang tepat

Dalam memilih maskot untuk bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Konsisten dengan brand identity

Maskot harus konsisten dengan brand identity bisnis. Maskot harus memiliki desain dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai dan citra yang ingin dibangun oleh bisnis.

Menarik dan mudah diingat

Maskot harus menarik dan mudah diingat oleh konsumen. Maskot yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri akan lebih mudah diingat oleh konsumen.

Memiliki kepribadian dan karakter

Maskot harus memiliki kepribadian dan karakter yang menarik. Maskot yang memiliki kepribadian dan karakter yang kuat akan lebih mudah dihubungkan oleh konsumen.

Ada banyak contoh maskot yang sukses mewakili identitas dan karakter perusahaan. Bahkan popularitas maskot tersebut dapat bertahan lama dan melekat di mata yang bukan konsumen setia sekalipun.

Berikut adalah beberapa contoh maskot yang sukses dalam branding bisnis dari perusahaan-perusahaan kenamaan di dunia:

  • Ronald McDonald - McDonald's
  • Tony the Tiger - Kellogg's
  • Mickey Mouse - Disney
  • Krispy Kreme Doughnut - Krispy Kreme
  • Snoopy - Peanuts

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian hingga fungsi maskot bagi branding bisnis. Ternyata setelah disimak maskot memiliki manfaat penting untuk bisnis.

Nah, apakah Anda sudah terpikirkan untuk menyiapkan maskot bagi bisnis Anda?

Atau masih akan berkeyakinan bahwa cukup dengan memiliki logo saja sudah lebih mewakili semuanya?

Semua bergantung pada strategi masing-masing perusahaan dengan menimbang seberapa butuhnya bisnis itu akan branding maskot. Pilihan ada di tangan Anda!

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.