Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

9 Lagu Bertema Palestina yang Menyayat Hati, Makna Lirik Dalam Bikin Sedih

Kumpulan lagu-lagu bertema Palestina terpopuler di seluruh dunia
Kumpulan lagu-lagu bertema Palestina terpopuler di seluruh dunia dirangkum dari berbagai sumber.

SuaraNasional.id - Dibalik peristiwa yang mengguncang Gaza, Palestina, yang terjadi belakangan ini. Cara menyampaikan dukungan bisa dilakukan dengan beragam cara.

Kendati demikian, menyalurkan dukungan untuk Palestina tidak harus dengan bentuk fisik yang terlibat pada peperangan yang saat ini terjadi.

Namun, dukungan bisa dilakukan dengan menyalurkan doa ataupun sekadar menyampaikan rasa prihatin.

Dan salah satu wujud keprihatinan itu dapat diwakilkan dengan memaknai sejumlah lagu yang menggambarkan betapa besarnya semangat dan perjuangan masyarakat Palestina, khususnya di Gaza.

Ada sejumlah lagu bertema Palestina yang disuarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap perjuangan rakyat Palestina yang saat ini hidup di antara suasana perang.

Setidaknya ada 9 lagu bertema Palestina yang barangkali dapat meningkatkan rasa kepedulian Anda akan pentingnya memberikan dukungan kepada masyarakat yang hidup di bawah rasa ketakutan akan dampak peperangan itu.

9 lagu bertema Palestina

Sebelum mengetahui apa saja lagu-lagu bertema Palestina tersebut, perlu dipahami bahwa Redaksi tidak mengesampingkan rasa prihatin hanya dengan kepentingan konten melalui terbitnya artikel ini.

Namun, artikel terkait daftar lagu bertema Palestina ini hanya sebagai penambah wawasan sehingga pembaca menjadi tahu bahwa sebenarnya banyak karya musisi dunia yang ditujukan untuk Pelestina melalui nada dan lirik yang mereka hasilkan.

Dengan kata lain, dengan terbitnya artikel ini tidak mengurangi rasa iba dan segenap rasa serta pikiran redaksi untuk permasalahan yang saat ini terjadi.

Demikian sanggahan yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum membaca lebih lanjut terkait 9 lagu tentang Palestina tersebut.

Langsung saja, berikut adalah 9 lagu bertema Palestina yang menyayat hati, makna liriknya dalam, dan bikin sedih:

1. Ahwarun Ahwarun" (Palestina, Palestina)

Lagu pertama yang menceritakan tentang Palestina memiliki judul dalam Bahasa Arab yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia juga memiliki makna yang sama, yakni Palestina.

Lagu berjudul Ahwarun Ahwarun (Palestina, Palestina) ini dinyanyikan oleh Umm Kulthum, seorang penyanyi legendaris asal Mesir.

Lagu Ahwarun Ahwarun (Palestina, Palestina) menceritakan tentang kerinduan rakyat Palestina akan tanah air mereka.

Lirik lagu ini sangat menyentuh hati dan menggambarkan penderitaan rakyat Palestina yang telah bertahun-tahun hidup dalam pengasingan.

2. Atouna Tufuli (Berikan Kami Anak-anak Kami)

Selanjutnya ada lagu berjudul Atouna Tufuli yang jika diartikan ke Bahasa Indonesia berarti "Berikan Kami Anak-anak Kami".

Lagu ini cukup populer di dunia, termasuk di Indonesia. Dilansir dari Babasmedia.com, lagu Atouna Tufuli dinyanyikan oleh Fairuz, seorang penyanyi legendaris asal Lebanon.

Lagu ini menceritakan tentang penderitaan anak-anak Palestina yang menjadi korban konflik.

Lirik lagu Atouna Tufuli sangat sedih dan menyayat hati, menggambarkan bagaimana anak-anak Palestina harus hidup dalam ketakutan dan kehilangan masa depan mereka.

3. Ya Zahrat al-Khalil (Bunga Hebron)

Lagu ketiga ada Ya Zahrat al-Khalil yang berarti "Bunga Hebron". Dikutip dari Wikipedia, Hebron adalah sebuah kota di wilayah Yudea selatan di Tepi Barat.

Di kota ini tinggal sekitar 120.000 orang Palestina dan 600 orang pemukim Israel, dengan sekitar 7.000 orang Yahudi tinggal di kota Kiryat Arba di dekatnya. Hebron terletak 930 m di atas permukaan laut.

Lagu Ya Zahrat al-Khalil dinyanyikan oleh Marcel Khalife, seorang penyanyi dan musisi asal Lebanon.

Lagu ini menceritakan tentang kota Hebron, Palestina, yang telah lama menjadi saksi bisu konflik.

Lirik lagu Ya Zahrat al-Khalil terasa sangat puitis dan menggambarkan keindahan kota Hebron yang ternoda oleh konflik.

4. Al-Aqsa (Masjid Al-Aqsa)

Lalu ada lagu berjudul Al-Aqsa yang mengisahkan tentang sebuah masjid bernama Al-Alqsa.

Lagu ini dinyanyikan oleh Mohammed Assaf, seorang penyanyi asal Palestina.

Lagu ini menceritakan tentang Masjid Al-Aqsa, salah satu situs suci umat Islam di Palestina yang tak luput dari medan peperangan antara Palestina dan Israel.

Lirik lagu Al-Aqsa dibawakan sangat menggebu-gebu dengan menggambarkan semangat rakyat Palestina untuk mempertahankan Masjid Al-Aqsa.

Lagu-lagu tentang Palestina terbaik
Perjuangan rakyat Palestina turut mengundang kreativitas para musisi dunia untuk membuat karya tentang mereka.

5. Filastin (Palestina)

Berikutnya lagu berjudul Filastin yang juga memiliki arti secara bahasa yakni Palestina.

Lagu ini dinyanyikan oleh Ahmed Adawiya, seorang penyanyi asal Palestina.

Lagu Filastin menceritakan tentang Palestina secara keseluruhan, mulai dari sejarah, budaya, hingga perjuangan rakyatnya.

Lirik lagu ini sangat menggugah hati dan menggambarkan betapa besarnya cinta rakyat Palestina terhadap tanah air yang mereka perjuangkan.

6. Shouhada (Para Syuhada)

Lagu berjudul Shouhada ini memiliki arti yang sama namun hanya berbeda pelafalan jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, yaitu Syuhada.

Syuhada adalah sebutan bagi para pejuang yang berjuang dalam peperangan lalu meninggal dalam keadaan syahid.

Lagu ini dinyanyikan oleh Amal Hijazi, seorang penyanyi asal Palestina. Shouhada menceritakan tentang para syuhada Palestina yang telah gugur dalam perjuangan.

Lirik lagu Shouhada terasa sangat mengharukan karena menggambarkan pengorbanan para syuhada untuk tanah air mereka.

7. Al-Awdah (Pemulihan)

Kemudian ada lagu berjudul Al-Awdah yang juga bertema perjuangan Palestina.

Lagu ini dinyanyikan oleh Mohamed El-Maghrabi, seorang penyanyi yang juga berasal dari Palestina.

Al-Awdah menceritakan tentang harapan rakyat Palestina akan pemulihan tanah air mereka dari dampak peperangan yang panjang.

Lirik lagu ini menggambarkan rasa optimistis serta menggambarkan keyakinan rakyat Palestina bahwa mereka akan segera bebas dari penjajahan.

8. Al-Quds (Yerusalem)

Juga tak kalah populer adalah situs umat Islam bernama Al-Quds yang turut dijadikan lagu perjuangan bagi bangsa Palestina.

Lagu yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi asal Palestina bernama Emad Jabar ini menceritakan tentang Yerusalem, ibu kota Palestina.

Lirik dan musikalisasi lagu Al-Quds terdengar sangat merdu dan menggambarkan keindahan Kota Yerusalem yang telah lama menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina.

9. Palestine Will Be Free (Palestina Akan Bebas)

Lagu terakhir yang bertema Palestina berjudul Palestine Will Be Free, yang diambil dari Bahasa Inggris yang berarti "Palestina Akan Bebas".

Lagu ini dinyanyikan oleh berbagai musisi kenamaan, baik yang berasal dari Palestina maupun dari berbagai negara lainnya.

Saat ini, lagu Palestine Will Be Free menjadi lagu kebangsaan tidak resmi Palestina.

Liriknya bernada sangat tegas karena menggambarkan tekad rakyat Palestina untuk membebaskan tanah air mereka dari penjajahan.

Sebagai informasi, Palestina adalah sebuah wilayah yang telah lama mengalami konflik dan kekerasan. Konflik ini telah menyebabkan penderitaan yang mendalam bagi rakyat Palestina, baik secara fisik maupun mental.

Lagu-lagu bertema Palestina di atas telah menjadi sarana untuk menyuarakan penderitaan dan perjuangan rakyat Palestina.

Lagu-lagu tersebut sekaligus menjadi cara untuk mengenang para korban konflik dan untuk menyampaikan harapan akan perdamaian.

Lagu-lagu bertema Palestina tidak hanya menyentuh hati rakyat Palestina, tetapi juga menyentuh hati orang-orang di seluruh dunia.

Makna lirik yang disampaikan dalam lagu-lagu tersebut menjadi sebuah pengingat bahwa konflik di Palestina masih berlangsung, dan bahwa dunia harus mengambil tindakan untuk mengakhiri konflik ini dan mewujudkan perdamaian bagi Palestina.

Demikian kesembilan lagu bertema Palestina, di mana barisan lirik demi liriknya memiliki makna yang mendalam.

Ditambah dengan alunan iringan musikalisasi yang menyanyat hati kian menambah unsur kesedihan dalam penyampaian lagu-lagu tersebut.

Semoga dengan wawasan ini bisa menambah rasa kepedulian Anda terhadap perjuangan rakyat Palestina melalui karya-karya musisi dunia.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter