Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Pemkot Pekalongan Siapkan 142 Formasi pada Penerimaan PPPK 2023

Pemkot Pekalongan Siapkan 142 Formasi pada Penerimaan PPPK 2023
Pemkot Pekalongan menyiapkan 142 formasi pada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023. (Dok. Pemprov Jateng)

SuaraNasional.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan sebanyak 142 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023.

Formasi PPPK 2023 Kota Pekalongan tersebut terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Adapun proses pendaftaran bakal dibuka mulai Minggu, 17 September 2023 dan berakhir pada 6 Oktober 2023. Dimana terkait prosedur, tahapan, hingga syarat dapat disimak pada laman resmi https://bkpsdm.pekalongankota.go.id/.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini menjelaskan, kepastian jumlah formasi PPPK 2023 di Pekalongan diperoleh setelah Kemenpan RB menyetujui usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan terkait pengadaan PPPK Tahun 2023. Ke-142 formasi PPPK tersebut terdiri dari 105 guru, 4 formasi nakes, 33 formasi tenaga teknis.

“Untuk nakes, kami mengusulkan 5 formasi tetapi ternyata yang di-acc hanya 4 formasi. Kemudian, tenaga teknis diusulkan 60 formasi yang disetujui 33 formasi. Untuk formasi jabatan yang di kelurahan yang kami usulkan tidak di-acc oleh Kemenpan RB. Sementara, untuk tenaga guru, dari 105 formasi yang diusulkan di-acc semua,” ujarnya Kamis (14/9/2023).

Anita menyebut, dari 33 formasi tenaga teknis yang disetujui Kemenpan RB, di antaranya adalah jabatan Pranata Komputer, Pranata Kehumasan, Pranata SDM Aparatur, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Asisten Statistisi dan jabatan di Pemadam Kebakaran (Damkar), baik level Pemula, Pratama, maupun Terampil.

Anita menambahkan, nantinya rangkaian jadwal pengadaan PPPK tahun 2023 bakal dimulai dari pengumuman hasil seleksi pada 16-30 Oktober 2023. Setlah itu dilanjutkan pendaftaran seleksi dari 17 September sampai dengan 6 Oktober 2023.

Kemudian seleksi administrasi dilanjutkan tahapan pengumuman hasil seleksi administrasi, lalu ada masa sanggah dan pengumuman pasca masa sanggah.

“Setelah itu, akan diketahui berapa jumlah peserta yang berhak mengikuti seleksi CAT kompetensi teknis dan pembagian lokasi tes CAT. Untuk seleksinya sendiri dijadwalkan dari tanggal 5-29 November 2023. Kalau ada seleksi tambahan untuk jabatan fungsional tertentu diberi kesempatan 10 November-1 Desember 2023. Sampai sekarang dari Kemenpan RB, BKN, dan termasuk Kementerian Kesehatan masih menyiapkan hal itu,” bebernya.

Sementara itu, khusus untuk formasi tenaga guru, Pemkot Pekalongan bakal mengambil dan memasukan para guru honorer yang lolos passing grade dalam pengadaan PPPK Pemkot Tahun 2022 lalu.

Persyaratan khusus juga diterapkan bagi formasi tenaga kesehatan, yakni calon pelamar harus sudah terdaftar dalam sistem pendataan non-ASN di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) dari Kementerian Kesehatan RI.

Pemkot Pekalongan rencananya juga bakal menjadikan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 sebagai syarat bagi formasi tenaga pendidik dan tenaga teknis.

Sedangkan bagi calon pelamar formasi tenaga kesehatan, syarat IPK wajib minimal 3,00.

Sementara, syarat nilai untuk formasi jenjang SMA masih dalam tahap pertimbangan dan pembahasan lebih lanjut oleh panitia seleksi.

“Kami diminta untuk mengoptimalkan dan menghabiskan dulu yang sudah lolos passing grade. Untuk PPPK sendiri harus ada pengalaman kerja minimal 2 tahun, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja harus sesuai dengan posisi yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter