Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

7 Usaha Rumahan yang Ngga Ada Matinya, Bisa Jadi Ide Buat yang Baru Mulai Merintis

7 Usaha Rumahan yang Ngga Ada Matinya, Bisa Jadi Ide Buat yang Baru Mulai Merintis
Ilustrasi. Ide bisnis. (Freepik)

SUARA NASIONAL - Berikut beberapa ide bisnis jenis usaha rumahan yang diyakini selalu eksis dan ngga ada matinya.


Contoh jenis bisnis rumahan ini bisa tetap bertahan dalam waktu yang lama kendati terus bermunculan bisnis-bisnis baru saat ini.


Meski terdengar remeh, bisnis rumahan berikut justru berpeluang mendatangkan keuntungan luar biasa jika digeluti dengan serius dan penuh ketelatenan.


Lalu, apa saja daftar usaha rumahan yang bisa jadi ladang bisnis tersebut? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari media Informasi Berita Bisnis.


1. Makanan


Jenis usaha rumahan yang paling mungkin dibutuhkan konsumen adalah segala hal tentang kuliner, baik itu makanan berat maupun makanan ringan seperti camilan.


Proses pemasarannya juga terbilang mudah sejak kehadiran platform seperti media sosial, marketplace, dan e-commerce.


2. Kosmetik


Perlengkapan kecantikan masih menjadi hal yang potensial untuk dijalankan sebagai bisnis yang menguntungkan.


Kendati banyak pesaing yang menjalankan bisnis serupa, namun usaha satu ini selalu mendapat tempat di hati konsumen loyal.


Terlebih dengan banyaknya brand kosmetik bisa jadi opsi untuk berjualan dari rumah seraya menantikan orderan.


Baca juga: Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Bisnis Online, Apa Saja?


3. Laundry


Di balik kepadatan aktivitas harian membuat orang mau tidak mau menaruh kepercayaan soal urusan kebersihan pakaian pada jasa laundry.


Dengan sedikit rasa kebergantungan itu maka tak heran jika usaha rumahan laundry masih jadi peluang bagus untuk dijalankan.


Namun jika Anda adalah pebisnis baru yang akan memulai menjalankan usaha, maka perlu memahami aspek apa saja agar laundry bisa mendapat kepercayaan pelanggan.


4. Fesyen


Kebutuhan modis dalam kehidupan sehari-hari memang ngga ada matinya. Hal ini seiring perkembangan tren fesyen yang terus berkembang setiap tahunnya.


Meski dengan mudah menjumpai toko atau lapak pedagang secara konvensional, namun usaha fesyen online tetap menjadi prospek cerah untuk digeluti.


5. Kesehatan


Keperluan akan kesehatan di zaman serba digital sangat diperlukan. Terlebih masalah kesehatan sering dialami bagi mereka yang memiliki kesibukan sampai larut malam untuk menuntaskan pekerjaan.


Sebagai pendukung suplemen tubuh, beragam jenis obat, vitamin, hingga hal-hal terkait lainnya sangat dibutuhkan para pekerja dunia kreatif tersebut.


Oleh karenanya dari kacamata bisnis, bidang kesehatan masih menjadi contoh nyata usaha yang berpeluang mendapatkan cuan setiap saat.


Baca juga: Cara Membangun Brand Offline dan Online, Ikuti Tips Ini Agar Bisnismu Makin Terkenal


6. Rental/persewaan


Jasa penyewaan atau rental untuk beragam keperluan juga masih berprospek positif sampai tahun ini. Adapun jenis barang yang disewakan juga menyesuaikan kebutuhan yang sedang menjadi tren.


Anda dapat menjalankan usaha rumahan ini tergantung minat pasar, seperti rental mobil, alat-alat produksi konten kreatif, sampai persewaan rumah dengan sistem manajemen sewa-kelola.


7. Pendidikan


Terakhir ada jenis usaha pendidikan macam les umum, les privat, ataupun mentoring bagi kelas khusus.


Hal ini termasuk mendukung program pemerintah yang menganjurkan orang untuk belajar pada bidang ilmu tertentu sebagai upaya menambah keahlian.


Itulah ketujuh usaha rumahan yang bisa dipraktikkan agar mendulang keuntungan dalam jangka waktu yang lama. Meski begitu, masih banyak contoh bisnis rumahan lain yang barangkali belum tercantum pada artikel ini.


Baca juga: Handayat Bagikan 5 Tips Digital Marketing yang Efektif untuk UMKM


Meski disebut sebagai usaha rumahan yang tak pernah mati, namun tetap diperlukan strategi khusus agar bisnis tersebut tetap dapat bertahan di tengah ramainya kompetitor yang menjalankan usaha serupa.


Karenanya jangan pernah berhenti bereksplorasi sembari mencoba hal-hal baru sebagai upaya mengembangkan bisnis yang telah dibangun tersebut.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.