Tampilan GoPay (Dok. Ist) |
SUARANASIONAL.ID - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk telah memperkenalkan GoTo AI, sebuah langkah awal dalam implementasi teknologi kecerdasan buatan (AI) di ekosistem mereka.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, Grup GoTo telah meluncurkan 'Dira by GoTo AI', sebuah asisten suara berbasis AI yang dapat berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia.
Dira saat ini dapat digunakan oleh sebagian pengguna aplikasi GoPay dan akan segera tersedia bagi seluruh pengguna sebelum nantinya hadir di aplikasi Gojek.
"Lahirnya solusi dari produk dan layanan GoTo berasal dari pemahaman kami yang sangat mendalam tentang Indonesia, dan ini juga tercermin pada GoTo AI. Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang," ucap GoTo Chief Operating Officer, Hans Patuwo dilansir dari Detikinet Kamis (18/7/2024)
GoTo AI dirancang untuk memberikan tiga manfaat utama:
1. Meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan nyaman.
2. Memperkuat keamanan di seluruh platform GoTo.
3. Memperkuat kapabilitas tim GoTo dalam pengembangan dan aplikasi teknologi AI.
Dira, singkatan dari Dikte Suara, didesain untuk memudahkan pengguna GoPay dalam menggunakan fitur-fitur aplikasi, serta melakukan berbagai transaksi dengan lebih cepat menggunakan perintah suara dalam Bahasa Indonesia.
Aplikasi GoPay sendiri dirancang dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan akses yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk 97 juta orang dewasa di Indonesia yang belum tersentuh layanan perbankan (unbanked).
"Dengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis artificial intelligence yang hadir pertama kali di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang simpel dan dapat menjangkau semua," ucapnya.
Dira memungkinkan pengguna untuk menavigasi antarmuka aplikasi GoPay dengan lebih mudah, meminimalkan pencarian manual di halaman utama dan memudahkan penemuan fitur-fitur baru.
Selain itu, Dira dapat diakses di berbagai perangkat mobile, termasuk yang memiliki kapabilitas terbatas, tanpa biaya tambahan, karena aplikasi GoPay yang ringan.
Untuk menggunakan Dira, pengguna cukup mengakses ikon mikrofon di pojok kanan atas halaman utama GoPay dan memberikan perintah suara.
Selanjutnya, pengguna akan diarahkan langsung ke halaman transaksi yang sesuai, seperti membayar tagihan listrik, transfer uang, membeli pulsa, atau mengganti PIN.
Namun, demi keamanan, setiap transaksi tetap memerlukan autentikasi melalui PIN dan verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.