Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Solusi Hemat Energi dengan Water Heater Listrik untuk Keluarga Modern

Solusi Hemat Energi dengan Water Heater Listrik untuk Keluarga Modern
Water heater listrik. (Dok. Ariston)

SUARANASIONAL.ID - Water heater listrik semakin menjadi pilihan populer di kalangan keluarga modern. Kepraktisan dan efisiensinya membuat perangkat ini banyak diminati untuk memenuhi kebutuhan air panas sehari-hari.

Namun, meski praktis, penggunaan water heater listrik juga memerlukan perhatian khusus agar tidak boros energi.

Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana water heater listrik dapat menjadi solusi hemat energi bagi keluarga modern.

Keunggulan water heater listrik

Sebelum membahas bagaimana menggunakan water heater listrik dengan hemat, berikut adalah keunggulan water heater listrik yang patut Anda ketahui : 

1. Mudah dipasang dan digunakan

Water heater listrik mudah dipasang di berbagai jenis rumah, baik rumah baru maupun rumah lama. Proses instalasinya relatif sederhana dan tidak memerlukan perubahan besar pada struktur rumah.

Pengoperasiannya pun mudah dan user-friendly, cukup dengan menekan tombol atau memutar knob untuk mendapatkan air panas.

2. Konsumsi energi yang terkendali

Dengan perkembangan teknologi, banyak water heater listrik yang dilengkapi dengan fitur kontrol suhu otomatis. Fitur ini membantu mengatur suhu air secara efisien dan mencegah penggunaan listrik berlebihan.

Beberapa model juga memiliki timer yang memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu pemanasan sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak ada energi yang terbuang.

3. Ramah lingkungan

Water heater listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan water heater berbasis gas atau minyak.

Mereka tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca selama penggunaan, sehingga lebih baik untuk lingkungan.

Selain itu, dengan listrik yang berasal dari sumber energi terbarukan seperti panel surya, penggunaan water heater listrik bisa menjadi lebih berkelanjutan.

Tips hemat energi menggunakan water heater listrik

Berikut tips bijak dalam menggunakan water heater listrik agar bisa hemat dan tepat guna dalam pemanfaatannya.

1. Pilih water heater dengan kapasitas yang tepat

Memilih water heater dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga sangat penting. Jika terlalu besar, water heater akan memakan energi lebih banyak dari yang diperlukan.

Sebaliknya, jika terlalu kecil, mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air panas sehari-hari. Konsultasikan dengan ahli untuk menentukan kapasitas yang paling sesuai.

2. Manfaatkan fitur Eco Evo

Salah satu tips hemat energi yang efektif dalam menggunakan water heater listrik adalah memanfaatkan fitur Eco Evo.

Fitur canggih ini secara otomatis menyesuaikan pemanasan air berdasarkan kebiasaan penggunaan harian Anda, seperti waktu mandi dan preferensi suhu air.

Dengan merekam dan mengingat pola penggunaan, Eco Evo memastikan air panas tersedia sesuai kebutuhan tanpa pemborosan energi. Alhasil, water heater dapat beroperasi lebih efisien dan menghemat energi hingga 14%.

Salah satu water heater yang mengusung sistem penghematan energi paling inovatif ini adalah water heater Ariston.

3. Insulasi tangki dan pipa

Memastikan tangki dan pipa water heater terlindungi dengan baik dapat mencegah kehilangan panas yang tidak perlu.

Insulasi yang baik menjaga air tetap panas lebih lama sehingga water heater tidak perlu bekerja keras untuk memanaskan air kembali. Ini dapat mengurangi konsumsi energi secara signifikan.

4. Perawatan rutin

Melakukan perawatan rutin pada water heater listrik adalah kunci untuk menjaga efisiensinya. Bersihkan elemen pemanas secara berkala untuk menghilangkan endapan mineral yang dapat mengurangi efisiensi pemanasan.

Selain itu, periksa kondisi tangki dan pipa secara teratur untuk memastikan tidak ada kebocoran yang menyebabkan pemborosan energi.

5. Gunakan air dengan bijak

Menggunakan air panas dengan bijak juga berkontribusi pada penghematan energi. Batasi penggunaan air panas untuk keperluan yang benar-benar diperlukan.

Misalnya, gunakan air dingin untuk mencuci tangan atau membilas piring, dan simpan air panas untuk mandi dan mencuci pakaian.

Memilih water heater listrik yang tepat

Ketika memilih water heater listrik, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

Efisiensi Energi: Pilih model yang memiliki rating efisiensi energi tinggi. Meskipun mungkin lebih mahal di awal, investasi ini akan terbayar dalam jangka panjang melalui penghematan tagihan listrik.

Fitur Canggih: Cari water heater dengan fitur canggih seperti kontrol suhu digital, timer, dan mode hemat energi.

Reputasi Merek: Pilih water heater dari merek terpercaya yang dikenal dengan kualitas dan layanan purna jual yang baik.

Rekomendasi water heater listrik hemat energi

Salah satu rekomendasi water heater listrik yang hemat energi dan telah menjadi pilihan terpercaya sejak lama adalah Ariston.

Ariston dikenal dengan produk-produk pemanas air berkualitas tinggi yang menggabungkan teknologi canggih dan terbaru berstandar Italia dengan efisiensi energi.

Selain itu, Ariston banyak varian water heater listrik kamar mandi dengan tangki terlengkap, mulai dari kapasitas kecil, sedang, maupun besar, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk water heater listrik, Ariston menawarkan dua model yakni water heater listrik biasa dan instan, diantaranya adalah seri Andris2, seri Slim2, seri Lydos, seri Pro1 Eco dan seri Pro R.

Ariston menghadirkan inovasi dengan menjadi smart water heater pertama di Indonesia yang dilengkapi aplikasi Ariston Net. Aplikasi ini memungkinkan kendali jarak jauh untuk kenyamanan maksimal dan penghematan energi.

Dengan Ariston Net, pengguna dapat menerima notifikasi ketersediaan air panas serta laporan konsumsi energi yang membantu mengamati dan mengoptimalkan kebiasaan mandi secara berkala.

Fitur-fitur canggih ini menjadikan Ariston pilihan ideal bagi keluarga modern yang mengutamakan efisiensi dan kemudahan dalam penggunaan peralatan rumah tangga.

Water heater listrik adalah solusi praktis dan efisien untuk kebutuhan air panas keluarga modern.

Dengan memilih model yang tepat dan menerapkan tips hemat energi, Anda dapat menikmati kenyamanan air panas tanpa khawatir tentang biaya listrik yang membengkak.

Selain itu, penggunaan water heater listrik juga dapat mendukung gaya hidup ramah lingkungan dengan mengurangi emisi karbon. Investasi pada perangkat ini bukan hanya untuk kenyamanan, tetapi juga untuk keberlanjutan energi di masa depan.


(*Adv)

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.