Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Apa Perbedaan Komputer dan PC? Ini Pengertian, Fungsi, dan Komponen yang Harus Dipahami

Apa Perbedaan Komputer dan PC? Ini Pengertian, Fungsi, dan Komponen yang Harus Dipahami
Perbedaan utama antara komputer dan Personal Computer (PC).

SuaraNasional.id - Kerap dianggap hal sama, faktanya secara pengertian, fungsi, dan komponen ternyata komputer dan PC memiliki penjelasan yang berbeda.

Hal mendasar inilah yang harus dipahami oleh pengguna perangkat tersebut, utamanya para pelajar atau praktisi khusus yang menangani piranti komputer.

Lantas, apa perbedaan komputer dan PC tersebut? Simak artikel ini hingga akhir agar lebih memahami letak perbedaannya.

Dikutip dari web konversi Sorotmedia.com, berikut perbedaan antara komputer dan PC yang harus diketahui.

Pasalnya, komputer dan PC merupakan dua istilah yang sering digunakan secara bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Komputer adalah istilah yang lebih luas, sedangkan PC adalah istilah yang lebih spesifik.

Pengertian Komputer

Pengertian komputer adalah perangkat elektronik yang menerima, menyimpan, dan memproses data menjadi informasi secara matematis atau logis sesuai dengan serangkaian instruksi yang diprogram.

Program-program ini memungkinkan komputer untuk melakukan berbagai macam tugas, mulai dari tugas sederhana seperti mengetik dokumen hingga tugas kompleks seperti merancang perangkat lunak.

Secara umum, komputer terdiri dari empat komponen utama, antara lain:

  • Perangkat keras adalah komponen fisik komputer yang dapat dilihat dan disentuh. Komponen ini meliputi CPU, RAM, hard drive, monitor, keyboard, dan mouse.
  • Perangkat lunak adalah program komputer yang digunakan untuk menjalankan komputer. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu sistem operasi dan aplikasi. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur kerja komputer, sedangkan aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu, seperti mengetik dokumen, browsing internet, atau bermain game.
  • Data adalah informasi yang disimpan di komputer. Data dapat berupa teks, angka, gambar, suara, atau video.
  • Informasi adalah hasil pengolahan data oleh komputer. Informasi dapat berupa teks, angka, gambar, suara, atau video.

Pengertian Personal Computer (PC)

PC merupakan singkatan dari Personal Computer, yang berarti komputer pribadi. PC adalah jenis komputer yang dirancang untuk digunakan oleh satu orang. PC biasanya terdiri dari satu unit CPU, monitor, keyboard, dan mouse.

Pengertian PC adalah jenis komputer yang paling populer saat ini. Hal ini karena PC memiliki harga yang terjangkau dan mudah digunakan. PC juga dapat digunakan untuk berbagai macam tugas, mulai dari tugas sederhana hingga tugas kompleks.

Perbedaan Komputer dan PC

Berikut tabel sederhana agar Anda lebih mudah memahami perbedaan utama antara komputer dan PC:

Karakteristik Komputer PC
Istilah Istilah yang lebih luas Istilah yang lebih spesifik
Tujuan Untuk berbagai macam tugas Untuk penggunaan pribadi
Komponen Dapat berupa berbagai jenis komputer, termasuk mainframe, minicomputer, dan workstation Biasanya terdiri dari satu unit CPU, monitor, keyboard, dan mouse
Harga Dapat bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal Biasanya lebih terjangkau
Kemudahan penggunaan Dapat bervariasi, tergantung pada jenis komputer Biasanya lebih mudah digunakan

Itulah perbedaan antara komputer dan PC, di mana kedua istilah tersebut sudah dijelaskan secara gamblang, sehingga usai membaca artikel ini akan membuat Anda lebih paham baik dari segi arti, fungsi, hingga komponennya.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.