Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Sering Dikira Sama, Ini 3 Perbedaan Tembang dan Musik yang Belum Banyak Diketahui

Sering Dikira Sama, Ini 3 Perbedaan Tembang dan Musik yang Belum Banyak Diketahui
Ilustrasi. Pertunjukan orkestra dari Royal Orchestra Gunungkidul, Yogyakarta. (Dok. KratonJogja.id)

SuaraNasional.id - Tembang dan musik merupakan dua bentuk karya seni yang mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan keduanya terbukti bisa menghadirkan keindahan, makna dan ekspresi dalam berbagai budaya di dunia.

Meskipun begitu faktanya kedua karya seni ini memiliki beberapa perbedaan, demikian penjelasan dari Dicky Efendi Kuswahyudi, CEO situs kenamaan Sipintar.net yang aktif membagikan konten seputar dunia Pendidikan.

Dijelaskan oleh Dicky, sapaan karibnya, salah satu perbedaan yang cukup mencolok dari tembang dan musik itu terletak pada fokusnya. 

"Tembang memiliki fokus menekan kata-kata yang ingin dinyanyikan, sedangkan fokus utama pada musik berupa ritme, bunyi dan nada," kata Dicky.

Lebih lanjut Dicky menambahkan apabila perbedaanya tidak hanya itu saja, masih banyak lagi perbedaan tembang dan musik tersebut seperti berikut ini.

1. Pengertian Tembang dan Musik

Jika dilihat dari pengertiannya, tembang dan musik itu memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Di mana menurut pengertiannya musik itu merupakan sebuah kombinasi antara nada, bunyi dan ritme yang menghasilkan  instrumen vokal. Sedangkan tembang merupakan sebuah puisi yang diungkapkan melalui  lirik dengan cara dinyanyikan.

Perlu diketahui bahwa untuk tembang sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai media menceritakan kisah dan mengungkapkan ide-ide.

2. Struktur dari Tembang dan Musik

Perbedaan berikutnya antara tembang dan musik itu terletak pada strukturnya, coba perhatikan tembang kinanthi.

Dari contoh tembang kinanthi saja bisa dilihat jika tembang mempunyai struktur yang lebih beraturan. Struktur beraturan pada tembang itu bisa Anda lihat pada bait dan chorusnya yang dibuat berulang-ulang. Tentu sangatlah berbeda dengan musik yang mana strukturnya jauh lebih bebas dan eksperimental.

3. Kemampuan dalam Menyampaikan Pesan

Perbedaan berikutnya dari tembang dan musik itu terletak pada kemampuan dalam penyampaian pesannya.

Untuk tembang sendiri mempunyai kemampuan yang sangat kuat dalam hal penyampaian pesan melalui liriknya. Sementara kemampuan musik untuk menyampaikan pesan tidaklah sekuat tembang.

Kendati demikian, musik mempunyai kemampuan cukup kuat dalam mengungkapkan emosi tanpa menggunakan kata-kata sehingga membuatnya lebih universal.

Demikian penjelasan mengenai tiga perbedaan tembang dan musik yang perlu Anda ketahui.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close