Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Sejarah Asal-usul Perawatan Gigi, Ternyata Begini Awal Mula Dental Care Populer Jadi Gaya Hidup

Sejarah Asal-usul Perawatan Gigi, Ternyata Begini Awal Mula Dental Care Populer Jadi Gaya Hidup
Ilustrasi. Perawatan gigi/dental care.


SuaraNasional.id - Perawatan gigi atau dental care telah ada sejak zaman kuno sebelum akhirnya menyebar ke berbagai negara dan wilayah termasuk Indonesia, mulai dari dental care Jogja, Surabaya, Malang serta kota lainnya.

Banyak budaya kuno memiliki cara-cara mereka sendiri untuk menjaga kesehatan gigi. Misalnya, bangsa Mesir kuno telah menggunakan campuran garam, paprika, dan rempah-rempah untuk membersihkan gigi mereka.

Bangsa Romawi kuno menggunakan air dan garam untuk berkumur sebagai bentuk perawatan gigi sederhana.

Abad Pertengahan


Pada Abad Pertengahan, perawatan gigi biasanya dilakukan oleh barber (tukang cukur). Mereka juga bertindak sebagai dokter gigi, mencabut gigi yang sakit atau rusak.

Metode perawatan yang ada pada masa itu belum sangat maju dan sering kali menyakitkan.

Abad ke-18


Pada abad ke-18, pengetahuan tentang anatomi dan ilmu kedokteran mulai berkembang, termasuk ilmu kedokteran gigi. Pembedahan gigi semakin canggih dan praktik pemulihan mulai berkembang.

Abad ke-19


Pada abad ke-19, dokter gigi mulai menggunakan merkuri amalgame untuk mengisi gigi yang berlubang. Namun, merkuri memiliki efek berbahaya pada kesehatan tubuh dan akhirnya digantikan oleh bahan pengisi gigi yang lebih aman.

Abad ke-20


Abad ke-20 menjadi titik balik dalam sejarah dental care. Teknologi baru seperti sinar-X gigi dan anestesi lokal memungkinkan praktisi untuk mendeteksi masalah gigi lebih awal dan melakukan perawatan dengan lebih nyaman bagi pasien.

Perkembangan material gigi, seperti amalgame resin dan bahan komposit, memberikan opsi pengisian gigi yang lebih tahan lama dan estetis.

Abad ke-21


Perkembangan teknologi digital yang juga dirintis epsengroup.com telah membawa revolusi besar dalam bidang perawatan gigi. Digitalisasi radiografi dengan sinar-X digital, pencetakan gigi 3D, dan perangkat lunak perencanaan perawatan telah mempercepat dan meningkatkan akurasi prosedur dental.

Selain itu, perawatan ortodontik semakin canggih dengan penggunaan clear aligner seperti Invisalign.

Selama berabad-abad, kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut telah meningkat secara signifikan.

Saat ini, praktik perawatan gigi modern tidak hanya berfokus pada perbaikan masalah gigi tetapi juga pada pencegahan dan pemeliharaan gigi dan gusi yang sehat.

Pengembangan teknologi dan penelitian terus memajukan perawatan gigi untuk mencapai hasil yang lebih baik dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi pasien.
Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter