Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Ini Cara Kerja Solar Water Heater dan Keuntungan Menggunakannya

Ini Cara Kerja Solar Water Heater dan Keuntungan Menggunakannya
Solar water heater Ariston. (Dok. Ariston)

SuaraNasional.id - Solar water heater atau pemanas air tenaga surya adalah sistem pemanas air yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan air.

Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama, termasuk kolektor surya, sistem perpindahan panas, tangki penyimpanan, dan kontroler.

Beberapa negara dan daerah saat ini telah mendorong penggunaan solar water heater untuk penggunaan pribadi.

Meskipun demikian, penggunaan solar water heater bervariasi di seluruh dunia dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kebijakan energi, ketersediaan matahari, harga energi tradisional dan kesadaran masyarakat terhadap keberlanjutan.

Terdapat berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan solar water heater baik dari segi ekonomi, lingkungan, maupun kenyamanan, berikut adalah informasi mengenai cara kerja dan keuntungan utama yang dapat diperoleh dengan menggunakan solar water heater:

Cara kerja Solar Water Heater

Pada umumnya, cara kerja solar water heater atau pemanas air tenaga surya cukup sederhana dan dibagi menjadi dua, yakni pemanasan air secara langsung dan secara tidak langsung.

Pada tipe cara pemanasan langsung, terdapat tiga tahap yang dilalui yakni matahari memanaskan air di dalam kolektor kemudian naik ke atas dan masuk ke dalam tangki. Air yang dingin turun ke bagian bawah kolektor.

Kemudian sirkulasi antara air dingin dan panas berlangsung terus-menerus. Pada prinsipnya semakin besar perbedaan temperatur air, maka semakin cepat sirkulasinya.

Jika tidak ada sinar matahari, maka sirkulasi akan terhenti, namun air panas tetap tersimpan di dalam tangki.

Keuntungan menggunakan Solar Water Heater

1. Penghematan biaya energi

Meskipun biaya awal instalasi bisa menjadi investasi yang cukup besar, solar water heater dapat menghasilkan penghematan biaya energi dalam jangka waktu yang cukup cepat.

Penggunaan energi matahari gratis untuk memanaskan air dapat mengurangi tagihan listrik atau gas.

2. Pemanasan air yang berkelanjutan

Dengan menggunakan solar water heater dapat membantu menciptakan sistem pemanasan air yang lebih berkelanjutan, mendukung keberlanjutan lingkungan dengan mengurangi jejak karbon dan penggunaan sumber daya alam.

3. Pengurangan beban sistem kelistrikan

Dengan mengurangi permintaan energi listrik untuk pemanasan air, penggunaan solar water heater dapat membantu mengurangi beban sistem kelistrikan, terutama pada puncak penggunaan energi.

4. Umur pemakaian lebih panjang

Pada umumnya solar water heater memiliki masa pemakaian yang relatif panjang yang diperkirakan hingga 10 sampai 25 tahun.

Meskipun demikian, umur pemakaian tersebut tergantung pada beberapa macam faktor, misalnya seperti kualitas instalasi, tipe perawatan yang diberikan, serta kualitas material yang digunakan.

5. Mudah dirawat

Setelah memasang solar water heater, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan perawatan yang berat. Hanya dibutuhkan perawatan ringan, misalnya seperti membersihkan panel solar dari debu dan dedaunan.

Rekomendasi Solar Water Heater terbaik dari Ariston

Sebagai spesialis global dalam sektor Thermal Comfort, Ariston dengan pengalaman lebih dari 90 tahun mengusung produk solar water heater yang berkualitas dengan teknologi terbaru dan paling efisien dari Italia.

Ariston menyediakan pilihan solar water heater model direct dan indirect.

Semua produk solar water heater Ariston memiliki efisiensi tinggi dan mudah dipasang, baik untuk penggunaan rumah maupun gedung komersial.

Untuk solar water heater dengan model direct ada Kairos Thermo DR-2 yang merupakan pemanas air tenaga surya terbaik, hasil dari penelitian dan pengembangan Ariston selama bertahun-tahun.

Kemudian untuk model indirect terdapat Kairos Thermo HF yang terbuat dari bahan berkualitas untuk meningkatkan penyerapan energi panas dan mengurangi kerugian panas (heat loss).

Demikian informasi seputar cara kerja solar water heater beserta keuntungan dan rekomendasi produknya.

Pastikan Anda memilih solar water heater yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar dapat efisien dalam penggunaannya.


(*Adv)

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter