Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Bupati Sinjai Ikuti Apel Siaga Penanganan Dampak El Nino di SulSel

Bupati Sinjai Ikuti Apel Siaga Penanganan Dampak El Nino di SulSel
Bupati Sinjai Ikuti Apel Siaga Penanganan Dampak El Nino di SulSel
(Dok : Istimewa) 

SuaraNasional.id - Dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Penanganan Dampak El Nino di Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengikuti Apel Siaga bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Polda Sulawesi Selatan.


Apel tersebut dipimpin oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Jl. Sungai Tangka No. 13, Kota Makassar pada Senin (28/08/2023)


Gubernur Sulsel, Andi Sudirman menegaskan bahwa dampak dari El Nino perlu diwaspadai lantaran dapat memicu kekeringan di sejumlah wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.


“Dampak El Nino ini cukup besar terutama di bidang pertanian karena ketersediaan air untuk cadangan irigasi pertanian. Persoalan yang paling mendasar adalah masih banyak tanaman yang masih membutuhkan air saat ini,” paparnya.


Menurutnya, dibutuhkan langkah-langkah konkret dan peran semua pihak baik TNI, Polri dan jajaran pemerintah daerah untuk ikut andil dalam mencegah dan mengatasi dampak kerugian yang timbulkan El Nino. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan yaitu perbaikan jaringan irigasi tingkat usaha tani.


“Kemudian program bantuan mandiri benih 100 ribu hektar, kemungkinan akan kita lakukan percepatan penyalurannya dengan melihat kondisi cuaca. Selanjutnya benih-benih yang diambil yang tahan kekeringan dengan umur tertentu bisa survive,” jelasnya.


Langkah selanjutnya yakni pencarian sumber sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian, pemerintah daerah diminta untuk menetapkan wilayah kedaruratan dan pemanfaatan sumber air tanah dangkal dan air permukaan dengan bor.


Sementara itu, Bupati ASA mengatakan, tujuan apel siaga ini untuk memastikan kerja sama, kesiapsiagaan, dan koordinasi yang baik dari seluruh wilayah di Sulsel dalam menghadapi potensi kekeringan dampak dari El Nino.


Ia menghimbau agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan dan tetap menjaga pola hidup yang bersih dan sehat.


“Demikian juga dengan petani, perlu memperhatikan perubahan cuaca agar dapat menyesuaikan jadwal tanam, karena dampak El nino akan menyebabkan kemarau yang berkepanjangan," jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close