Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Sekda Sinjai Pantau Lokasi Banjir

Sekda Sinjai Pantau Lokasi Banjir
Sekda Sinjai Pantau Lokasi Banjir
(Dok : Istimewa) 

SuaraNasional.id - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Sinjai sejak Rabu (12/7/2023) malam kembali menyebabkan ruas jalan di kota Sinjai, sekolah, perkantoran dan beberapa permukiman warga terendam banjir.


Dari pantauan hingga pagi hari, air masih menggenangi ruas jalan dan permukiman warga di Jalan Jenderal Sudirman, jalan Agus Salim jalan Dr. Hamka dan beberapa ruas jalan lainnya.


Ruas jalan dalam kota Sinjai tersebut memang menjadi langganan banjir saat curah hujan tinggi hingga perumahan warga juga ikut tergenang.


Luapan banjir merendam permukiman warga karena intensitas hujan yang tinggi dan air laut pasang ditambah akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik.


Menyikapi hal tersebut, Bupati Sinjai melalui Sekretaris Daerah Andi Jefrianto Asapa merespon cepat dan langsung turun ke lapangan guna meninjau beberapa titik genangan di Kota Sinjai, Kamis (13/7/2023) pagi.


Sekda Sinjai mengatakan, bahwa banjir ini diakibatkan karena hampir semua drainase tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dibuktikan banyaknya sedimen lumpur dan sampah yang berserakan dijalan sehingga perlu penanganan khusus.


“Kita melihat sistem drainase yang kurang baik dan ditambah banyaknya sampah yang tersangkut didrainase menyebabkan aliran air tersumbat sehingga menyebabkan tergenang dan ini sudah kami sampaikan ke Dinas LHK tetapi sampai sekarang belum ditindaklanjuti,” ungkapnya


Mengatasi hal tersebut, Ia memerintahkan kepada instansi teknis untuk turun bersama-sama membersihkan sampah yang ada di drainase tersebut sehingga persoalan yang kerap dihadapi oleh warga bisa segera teratasi.


“Saya sudah perintahkan kepada instansi terkait untuk turun bersama-sama menyisir penyebab sehingga aliran air di drainase tidak mengalir ke sungai,” jelasnya.


Selain itu, pada hari ini juga Pemkab akan melaksanakan rapat bersama dengan semua stakeholder untuk mengambil langkah penanganan cepat dan solusi terbaik dalam penanganan banjir.


Sekda Sinjai juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada kemungkinan terjadinya bencana mengingat cuaca ekstrim di Sinjai diprediksi masih terjadi hingga di bulan Agustus mendatang.


Dalam pemantauan ini, Sekda didampingi oleh Kepala BPBD Sinjai Drs. Budiaman, Kadis Sosial Andi Idnan, Kadis PUPR H. Haris Achmad, Kadis Pol PP dan Damkar Agung Budi Prayogo, Kepala DLHK H. Sofwan Sabirin dan Lurah Biringere, Andi Mudzil Djalil.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close